22 September 2024

Kapolda Gorontalo : Pilkada Harus Aman

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Polri memiliki tugas dan tanggung jawab mengawal jalannya pesta demokrasi Pilkada 2018 sejak mulai tahapan pendaftaran hingga proses pelantikan kepala daerah terpilih agar aman, kondusif sesuai dengan harapan seluruh masyarakat.

Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail MH dalam arahannya saat memimpin apel pagi (Senin 26/2) dihadapan seluruh personel Polda Gorontalo, pukul 07.00 wita, menegaskan tentang Pilkada di Gorontalo harus aman.

“Pilkada di Gorontalo harus aman, kita ketahui bersama bahwa dalam perjalanannya seringkali Pilkada diwarnai adanya sengketa,tentunya hal ini akan berdampak terhadap kondisi Kamtibmas, oleh karena itu Polri harus siap, sejak awal kita sudah lakukan pemetaan terhadap potensi-potensi kerawanan, selain itu sudah digelar latihan Pra Operasi hingga Praktek Sispam Kota, semua itu sebagai bentuk upaya antisipasi apabila terjadi gejolak akibat sengketa Pilkada. Polri tidak bisa diintervensi untuk kepentingan Politik karena Polisi netral, sehingga agar professional dalam menerima setiap laporan yang diajukan yang berhubungan dengan Pilkada,”tegas Kapolda.

“Pasukan kita banyak, dan siap digerakkan, maka tidak ada kata lain, Pilkada di Gorontalo harus aman, jangan ada masyarakat yang melakukan tindakan anarkhis dan memaksakan kehendak, semua harus ikuti ketentuan yang ada,”tambah Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail MH.

Dalam apel tersebut, dihadiri oleh Wakapolda, para Pejabat Utama serta seluruh Perwira, dan anggota Polda Gorontalo.

Kabid Humas Akbp Wahyu Tri Cahyono,SIK menjelaskan bahwa pada prinsipnya Polri dalam hal ini Polda Gorontalo Siap mengamankan Pilkada di wilayah Gorontalo.

“Pada prinsipnya kita siap mengamankan Pilkada di wilayah Gorontalo, Siap disini, artinya siap menghadapi berbagai hal yang akan terjadi, kita sudah lakukan pemetaan kerawanan-kerawanan yang akan terjadi pertahapan Pilkada, anggota pun sudah dilatihkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,dan Kami himbau agar seluruh pihak khususnya para Paslon,Tim sukses dan Para massa pendukung bisa turut serta menjaga situasi, dan jangan berbuat anarkhis, karena kita akan lakukan tindakan tegas terhadap mereka yang berupaya mengganggu kondusifitas di wilayah Gorontalo, dan kita tentu berharap para penyelenggara Pilkada bisa menjalankan tugasnya dengan baik , netral serta professional,”kata kabid humas.

Penulis         : Wahyu tri Cahyono

Editor           : Mulyono

Publish         : Firdha

You may have missed