22 September 2024

SAMBUT HUT BHAYANGKARA KE-72, DIT BINMAS POLDA GORONTALO GELAR LOMBA POS KAMLING

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Selasa (02/05/2018) Tim Supervisi dan Penilaian lomba Pos Kamling tingkat Polda Gorontalo hari ini mulai melaksanakan Supervisi di beberapa Pos Kamling, dengan sasaran awal yakni Pos Kamling di wilayah Kota Gorontalo yang diwakili oleh 3 Pos Kamling kawasan Desa/Kelurahan aman gangguang Kamtibmas. Yakni Pos Kamling di Kelurahan Limba U II, Kec. Kota Selatan, Pos Kamling di Kelurahan Libuo Kec. Dungingi, dan Pos Kamling di Kelurahan Buliide Kec. Kota Barat.


Aspek penilaian mengacu pada Perkap No 23 tahun 2007 tentang Sistim Keamanan Lingkungan, jadi anggota tim dibagi menjadi 3 regu yang bertugas menilai 3 aspek yang ada di Pos Kamling yakni Bentuk/ Kondisi Bangunan, Kelengkapan/ Sarana Prasarana dalam Pos Kamling, serta Pelaksanaan Siskamling oleh Awak Pos Kamling

Kegiatan diawali dari Pos Kamling di Kelurahan Limba U II, dari pantauan tim supervisi, bentuk Pos Kamling sudah baik, karna Pos Kamling Kelurahan Limba U II belum lama diresmikan oleh Kapolres Gorontalo Kota, namun masih ada beberapa kelengkapan Pos yang perlu ditambah, tapi nilai keseluruhan sudah cukup baik.


Kegiatan dilanjutkan di Pos Kamling di Kelurahan Libuo, Tim Supervisi disambut langsung oleh Bhabinkamtibmas Libuo Bripka Rahmat Bawta bersama Babinsa. Tak jauh beda dari Pos sebelumnya Pos Kamling Kelurahan Libuo mendapat nilai baik dengan kelengkapan Pos yang cukup mendukung pelaksanaan Siskamling.

Pos Kamling di Kelurahan Buliide jadi Pos terakhir yang dinilai oleh tim Supervisi untuk wilayah Kota Gorontalo, Wakil Direktur Binmas Polda Gorontalo AKBP Mosyan Nimitch, S.IK, S.H selaku Ketua Tim menyampaikan pelaksanaan Supervisi dan Penilaian Pos Kamling tingkat Polda Gorontalo akan berlangsung selama 12 hari di 6 Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Gorontalo, jadi setiap wilayah menyiapkan 3 Pos Kamling untuk dinilai sehingga total jadi 18 Pos Kamling yang akan dilombakan, dan hanya akan ada 3 Pos Kamling terbaik dengan nilai tertinggi akan mendapat penghargaan dari Kapolda Gorontalo yang akan diumumkan saat perayaan upacara HUT Bhayangkara tanggal 1 Juli nanti.

Penilaian lomba Pos Kamling tingkat Polda Gorontalo selain memeriahkan HUT Bhayangkara ke-72, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat masyarakat terhadap kepedulian untuk ikut bersama-sama menciptakan rasa aman dan nyaman di lingkungannya, selain itu lomba ini bertujuan memupuk rasa tanggung jawab sosial dalam lingkungannya. Selanjutnya tim Supervisi akan melanjutkan penilaian ke 3 Pos Kamling di Wilayah Kabupaten Bone Bolango.

Penulis         : Iswan (PID Dit Binmas)

Editor           : Mulyono

Publish         : Firdha

You may have missed