23 September 2024

Jaga Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Bripka Ismail Laksanakan Problem Solving Pada Warga Binaan

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Problem Solving merupakan salah satu jurus andalan bhabinkamtibmas dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada warga binaannya.

Bhabinkamtibmas diharapkan dapat menjalankan perannya diwilayah binaannya, salah satunya adalah dapat membantu menyelesaikan / memecahkan permasalahan (problem solving) yang dialami oleh warga masyarakat namun melalui koridor diluar hukum formal melainkan melalui musyawarah kekeluargaan sepanjang akibat yang ditimbulkan tidak begitu berat.

Problem Solving ini seperti halnya yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Kel. Padebuolo Polsek Kota Timur Bripka Ismail Ahmad yang melaksanakan problem solving terhadap pertengkaran antara Bpk Saman Monoarfa dengan tetangganya Bpk Kardi Labadjo, Jumat 23 Oktober 2018 Pukul 11.10 Wita.

Pada problem solving terhadap warga yang bermasalah ini, Bhabinkamtibmas didampingi oleh Ketua RW05 Kel Padebuolo Ibu Sofya Balu.

Adapun kronologis pertengkaran antar kedua warga tersebut bermula dari Bpk Kardi yang sempat menegur/memarahi anak perempuan Bpk Saman yang lagi pacaran hingga larut malam. Mengetahui hal tersebut Pak Saman merasa tersinggung dan menemui Pak Kardi sehingga terjadi adu mulut dan hampir terjadi perkelahian antara keduanya.

Setelah Bhabinkamtibmas bersama Ketua RW setempat mempertemukan, dan memediasi, serta melakukan pembinaan, akhirnya kedua belah pihak sudah saling memaafkan dan tidak memperbesar lagi masalah tersebut.

Penulis : Fandi

Editor    : Risda

Publish : Fandi

 

You may have missed