21 September 2024

DI VERSI DITEMPUH OLEH BRIGADIR JEFRI POBI

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Seperti yang telah kita ketahui bersama dan ini tak bisa dipungkiri, kenakalan remaja belakangan ini semakin mengkhawatirkan saja. Nyaris setiap hari, kita melihat dan membaca berita yang  melewati batas kewajaran. Bukan lagi tawuran antar pelajar dan balap liar yang dilakukan oleh para remaja, namun sudah mengarah ke tindak pidana pencurian.

Ini terbukti dengan yang terjadi pada anak-anak remaja hari Sabtu, 08 Desember 2018 dikelurahan Pulubala Kecamatan Kota Tengah Polsek Kota Tengah Polres Gorontalo Kota jajaran Polda Gorontalo. Anak-anak remaja yang masih duduk dibangku pendidikan SMA tersebut, telah melakukan pencurian ayam milik warga kelurahan pulubala. Oleh Babhinkamtibmas Brigadir Jefri Pobi yang menaungi kelurahan tersebut di selesaikan dengan cara diversi. Diversi adalah pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses diluar peradilan pidana.

Proses diversi sah-sah saja ditempuh yang mengutamakan kesepakatan bersama. Pendekatan dengan cara muswarah dengan melibatkan anak (terlapor)  dan orang tua/walinya, korban serta Dinas Kecamatan Kota Tengah Yang berkompoten membidangi kasus anak”jelas Jefri”. 

Proses diversi dinyatakan selesai, dari pihak terlapor beserta keluarga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada pihak korban serta mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak yang telah berpartisipasi dalam menyelesaikan perkara ini. 

Brigadir Jefri Pobi menjelaskan ; kenakalan remaja masa kini disebabkan oleh banyak hal, diantaranya faktor internal keluarga, faktor lingkungan juga sangat memberi pengaruh pada perilaku anak remaja”jelas Jefri”. Jefri berharap kepada para terlapor, kejadian ini jangan pernah terjadi lagi, jadikan ini pelajaran yang berharga dan berarti dikehidupan kalian! Saya juga berharap kepada seluruh orang tua warga Kelurahan Pulubala ; jangan pernah memanjakan anak menuju arah yang kurang tepat, karena ini bisa menjadikan pemicu kenakan pada anak remaja. 

Hal ini terkadang tak disadari oleh kita sebagai orang tua, yang terkadang membiasakan anak dari kecil. Anak yang terbiasa dipenuhi segala keinginanya, sampai ia remaja merasa wajib dipenuhi keinginannya. Kebiasaan-kebiasaan inilah yang membuat remaja bertindak semaunya. Sehingga ia bisa melakukan apapun, termasuk berbagai kenakalan”jelas Jefri”.

Penulis         : Iswan

Editor           : Risda

Publish         : Iswan

You may have missed