21 September 2024

BRIPKA ISMAIL REDAM PROBLEM SOLVING DILINGKUNGAN ANAK REMAJA

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Masa remaja yang penuh gejolak, kritis dan tengah memgalami masa transisi kemasa dewasa, membuat remaja sangat rentan terpengaruh kenakalan yang kelewat batas. Sangat disayangkan dan disesalkan bila anak remaja yang seharusnya duduk menikmati bangku pendidikan bersama teman-temanya yang lain, belajar dan bermain menikmati masa remajanya bila harus berurusan dengan peradilan umum. 

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, oleh Babhinkamtibmas Bripka Ismail Ahmad Sabtu, 08 Desember 2018 dikelurahan Padebuolo, Kecamatan kota Timur Polsek Kota Timur Polres Gorontalo Kota jajaran Polda Gorontalo, telah menyelesaikan perkara pencurian dengan menempuh jalan musyawarah, antara pihak korban dan terlapor yang didampingi oleh orang tua. 

Dimana dalam perkara ini, salah satu warga anak remaja binaannya dikelurahan Padebuolo telah melakukan pencurian dengan cara memetik dan mengambil buah rambutan tanpa sepetahuan pemiliknya. Untuk itu anak remaja ini dilaporkan oleh sang pemilik kepada pihak yang berwajib. 

Oleh Babhinkamtibmas Bripka Ismail Ahmad, dipertemukan kedua belah pihak korban dan terlapor yang didampingi oleh tuanya. Dalam mediasi perkara ini telah menempuh jalan damai yang disaksikan oleh aparat Kelurahan Padebuolo, yang mana pihak korban sudah tidak keberatan lagi. Selanjutnya untuk pihak terlapor, berjanji tidak akan mengulanginya lagi. 

Kepada orang tua Ismail menyampaikan beberapa pesan kamtibmasnya ; kadang anak remaja atau yang mau memasuki tingkat keremajaanya, kita sebagai orang tua agar kiranya sudi memberikan perhatian dan kasih sayang yang lebih untuk mereka. Karena apabila mereka merasa kasih sayang yang kita berikan kurang bahkan tidak ada sama sekali, hal ini dapat menjadi pemicu anak remaja kita bertindak atau melakukan hal-hal yang tidak baik dilingkungannya.

Karena perhatian serta kasih sayang yang kurang, membuat anak mencari pelampiasan. Salah satunya dengan melakukan kenakalan-kenakalan yang terkadang membuat orang lain menjadi jengkel, contohnya yang seperti terjadi dalam perkara ini. Kenakalan-kenakalan tersebut mereka lakukan dengan tujuan agar diperhatikan oleh orang tuanya”jelas Ismail”. 

Untuk itu saya berharap bagi seluruh lapisan masyarakat Kelurahan Padebuolo, agar lebih memperhatikan anak-anak ramajanya, berikan mereka perhatian kasih sayang yang lebih serta kita lebih memperhatikan tempat atau lingkungan mereka bergaul, cegahlah mereka bergaul dilingkungan yang hanya menjerumuskan mereka ke hal-hal yang Negatif”ajak Ismail”.

Penulis         : Iswan

Editor           : Risda

Publish         : Iswan

You may have missed