21 September 2024

Dalam Rangka Pileg-Pilpres 2019, Dit Sabhara Polda Gorontalo Rutin Latihan dalmas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Personil Dit Sabhara Kepolisian Daerah Gorontalo menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas) di lapangan depan Mako Dit Sabhara , Senin (17/12/2018).

Pelatihan tersebut bertujuan melatih fisik serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan mengingat waktu pelaksanaan Pileg dan Pilpres sudah semakin dekat.

Danki Dalmas Ipda Irawan Kusumo S,TrK selaku perwira yang memimpin latihan pada saat itu mengatakan “Pelatihan pengendalian massa dimulai dari latihan dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan dari helm, tongkat, serta tameng,” .

Ia juga menambahkan, rangkaian latihan sudah digelar secara intensif. Berbagai sistem pengamanan massa, dari tingkatan yang paling ringan (eskalasi hijau) hingga kemungkinan terjadinya aksi anarkis dan kekerasan (eskalasi merah), sudah harus bisa diantisipasi.

Sekitar 60 personil tersprint dibantu oleh beberapa personil yang menjadi massa dilibatkan dalam memperagakan beberapa pelatihan kesigapan, seperti latihan di tempat maupun latihan formasi.

Tidak hanya melibatkan personil tapi dalam latihan ini juga melibatkan kendaraan taktis pengurai masa atau raimas dan mobil water conon yang bertujuan mengahalau massa dengan menggunakan air dan gas air mata sebagai senjatanya.

Dalam mengendalikan massa, Ipda Irawan mengatakan terdapat beberapa tahapan yang dilalui, mulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata atau water canon.

“Standard Operational Procedure (SOP)-nya mengacu pada Perkap Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian,” Tambah Ipda Irawan.

Penulis         : PID Dit Sabhara

Editor           : Irda Tosubu

Publish         : Firdha

You may have missed