23 September 2024

Pimpin Apel Pagi, Kabid Humas Polda Gorontalo Kenalkan Bahaya Berita Hoax

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Selasa 19 Februari 2019, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono, SIK memimpin langsung Apel Pagi personil Polda Gorontalo yang dihadiri oleh Kapolda Gorontalo Brigadir Jenderal polisi Drs. Rachmad Fudail, MH, Wakapolda Gorontalo Kombes Pol Drs. Jaya Subriyanto, Pejabat Utama Polda Gorontalo, dan diikuti oleh Personil Polda Gorontalo lainnya.

Dikesempatan tersebut, Kabid Humas menyampaikan bahwa Saat ini era digital sudah mengubah kebiasaan manusia. Di mana masyarakat menjadi sangat bergantung dengan gadget dan selalu bersinggungan dengan internet, khususnya media sosial (medsos). Berkaitan dengan hal tersebut juga, sekarang ini banyak berita-berita yang beredar di media sosial mengandung unsur provokasi yang mengakibatkan keresahan di masyarakat lainnya.

Akbp Wahyu Tri Cahyono, juga mengatakan Bila ingin memastikan kebenaran sebuah informasi yang tersebar, hal yang paling tepat dilakukan menurutnya adalah dengan mencari tahu informasi yang sebenarnya pada pihak yang berwenang atau yang benar-benar berkompeten dalam hal tersebut.

“Karena kalau share dengan alasan tanya, nanti itu di-share lagi oleh orang lain ke tempat lain, lama-lama tersebar luas dan orang akhirnya akan berpikir itu jadi informasi yang benar,” jelasnya.

Kabid Humas juga menjelaskan, salah satu hal yang dilakukan untuk melawan penyebaran adalah dengan melihat dari informasi tersebut. Seperti pada pemberitaan yang tersebar di medsos, penting untuk melihat judul berita apakah provokatif atau tidak. Kemudian, perlu melihat sumber berita tersebut dan memastikan citra media tersebut.

“Berita Hoax ini juga tak hanya bisa berdampak pada kita sendiri maupun orang lain, melainkan persatuan dan kesatuan diantara kita, ataupun akan memperusak tali silaturahmi diantara kita,” ungkapnya.

Penulis    : Fandi

Editor       : Irda

Publish     : Fandi

You may have missed