24 September 2024

SOSIALISASI PEMANTAPAN DAN PENGENDALIAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN BELA NEGARA

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Kamis, 14 Maret 2019 pukul 13.45 wita bertempat di gedung Auditorium Rusli Habibi-Idris Rahim SPN Polda Gorontalo telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemantapan dan Pengendalian Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Provinsi Gorontalo yang di selenggarakan oleh Kementrian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan RI.

Kegiatan Sosialisasi di hadiri oleh Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Rachmad Fudail, MH., Ketua Tim Sosialisasi sekaligus Pemateri Brigjen Pol. Drs. Mamboying Jabatan sebagai Sekretaris Deputi VI Kesbang Kementrian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan RI, Kepala Kesbangpol dan linmas Provinsi Gorontalo yg diwakili oleh Kabid Idiologi dan Wawasan Kebangsaan Moh. Yusuf Lacuba, S.STP, MM, Danrem 133 Nani Wartabone Gorontalo Kolonel Czi. Arnold Aristoteles Ritiaw, dan
Wakapolda Gorontalo Kombes Pol. Drs. Jaya Subriyanto serta para Pejabat Utama Polda Gorontalo yang sempat hadir.

Peserta sosialisasi berjumlah kurang lebih 200 orang yang terdiri dari para Pamen Polda Gorontalo, Kapolres Jajaran Polda Gorontalo, para Kabag/Kasat/Kapolsek Jajaran Polda Gorontalo, Pama/Bintara Polda Gorontalo, Pama/Bintara TNI Gorontalo dan ASN dilingkungan Kesbangpol linmas Propinsi Gorontalo.

Dalam sambutannya Kapolda Gorontalo menjelaskan bahwa Wawasan Kebangsaan merupakan konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah, meliputi tanah (darat), air (laut) termasuk dasar laut dan tanah di bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan, yang mempersatukan bangsa dan negara secara menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek ekonomi, politik, sosial budaya, dan hankam.

Materi sosialisasi disampaikan langsung oleh Brigjen Pol. Drs Mamboying dengan judul Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Wawasan Kebangsaan merupakan manifestasi pemikiran politik bangsa Indonesia. Sebagai satu kesatuan negara kepulauan, secara konseptual, geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut Wawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif.

Masih menurut Pemateri bahwa Bela Negara adalah sikap dan tindakan Warga Negara yang di Dasari rasa Cinta terhadap Negara, melindungi dan mempertahankan Negara dari berbagai macam ancaman, baik ancaman dari dalam Negeri maupun dari luar Negeri.

Penulis   : Hartoyo

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

You may have missed