24 September 2024

206 Bintara Baru Ikuti Tradisi Penerimaan di Polda Gorontalo

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Kurang lebih 206 Bintara baru yang terdiri dari 196 orang Polki dan 10 Polwan, kemarin mengikuti tradisi penerimaan di Polda Gorontalo, Senin 18 Maret 2019.

Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Rachmad Fudail,MH melalui Kabid Humas AKBP Wahyu Tri Cahyono,SIK mengatakan, dari jumlah sebelumnya untuk lulusan SPN Polda Gorontalo ada 199 orang ditambah 3 orang lulusan SPN Karombasan, ditambah 10 Polwan. Namun jumlahnya dikurang 6 orang untuk penugasan Densus 88 4 orang dan 2 orang penugasan Baharkam Polair.

Terkait dengan acara tradisi penerimaan Bintara baru ini, tujuannya tidak lain untuk menyambut mereka sebagai keluarga besar Polda Gorontalo, yang nantinya siap menjalankan tugas Negara, sebagaimana Tupoksi Polri yakni memelihara Kamtibmas, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam tradisi ini pula dilakukan pemilihan saudara asuh, dimana Bintara baru memilih seniornya untuk dijadikan kakak asuh. Hal tersebut agar tertanam rasa saling asah, asih dan asuh antara senior dan junior. Tidak ada kekerasan dan kewajiban bagi senior untuk mengawasi dan membimbing juniornya agar terhindar dari pelanggaran,” jelasnya.

Ditambahkan pula, secara tegas Kapolda Gorontalo meminta kepada seluruh Bintara baru agar bisa menjalankan tugas hingga selesai, tanpa ada masalah. Jangan sampai anggota di PTDH akibat pelanggaran yang dilakukannya. Oleh karena itu, saudara asuuh harus saling mengingatkan satu dengan lainnya.

“Acara tradisi ini pula untuk menanamkan kebanggaan terhadap institusi Polri sebagai profesi yang sudah menjadi pilihan hidupnya, agar para anggota Bintara baru bisa mengabdi kepada nusa dan bangsa dengan penuh keikhlasan dan menjadi Polisi yang Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter),” ujar Mantan Kapolres Bone Bolango.

Penulis   : Fandi

Editor     : Irda

Publish    : Fandi

You may have missed