25 September 2024

JELANG SHOLAT IDUL FITRI, UNIT JIBOM SATBRIMOBDA GORONTALO LAKUKAN STERILISASI

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Setelah Berpuasa selama sebulan penuh, umat Muslim pada tanggal 1 Syawal mulai berakhirnya puasa pada bulan Ramadan, kemudian merayakan Idul Fitri. Awal pagi hari selalu dilaksanakan Shalat Idul Fitri (Salat Id). Sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri Unit Jibom melakukan Sterilisasi Guna mengamankan Area seputaran Masjid ataupun lokasi yang menjadi Tempat Shalat dari Umat Muslim.

Dua Unit Jibom dari Satuan Brimob Polda Gorontalo di turunkan untuk melakukan Sterilisasi di beberapa Masjid yang ada di kota Gorontalo, Unit Satu dibawah pimpinan Bripka Nurwakit S.Pd, M Pd. melakukan Sterilisasi di Halaman Polda Gorontalo yang juga menjadi Tempat Shalat Bapak Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail MH. Serta PJU Dan juga Oleh Anggota Polda Gorontalo yang beragama Muslim. Sedangkan Unit dua dibawah pimpinan Brigadir Abu Slamet Melakukan Sterilisasi di Masjid Agung Baiturrahim Kota Gorontalo yang merupakan tempat Shalat dari Bapak Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beserta Forkopimda Provinsi Gorontalo. Selain itu juga dilakukan sterilisasi di Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo. Rabu 5/6/19.

Dengan menggunakan Alsus deteksi untuk Bahan peledak dan metal Anggota Unit jibom langsung melakukan sterilisasi di bagian Dalam dan halam Masjid.

Brigadir Abu Slamet sebagai Kanit 2 Jibom menjelaskan teknis Pelaksanaan Sterilisasi di beberapa tempat yang digunakan untuk melakukan Shalat Idul Fitri.
“Tentunya ini merupakan hal yang sudah menjadi tugas kami untuk melakukan sterilisasi guna mencegah terjadinya ancaman yang dapat menggangu proses Shalat dari Umat Muslim. Kami lakukan deteksi handak dan metal untuk sterilisasi di Masjid maupun Lapangan Taruna Remaja dan Halaman Polda Gorontalo. Ujarnya

Selain melakukan Sterilisasi unit Jibom juga langsung melakukan Pam Area dalam pelaksanaan shalat idul Fitri,ini dilakukan untuk memberikan Rasa aman bagi Umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah.

Dansat Brimob Polda Gorontalo Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto S.Ik menyampaikan Bahwa kegiatan ini merupakan tugas pokok dari unit Jibom demi mengantisipasi terjadinya ancaman Bom dan demi lancarnya prosesi Ibadah Shalat Idul Fitri tersebut. Unit Jibom Satbrimobda Gorontalo merupakan ujung tombak dalam penanggulangan Ancaman Bom untuk itu Kami selalu sipa dalam berbagai tugas. Tutup Dansat

Dal Pelaksanaan Sterilisasi tidak ditemukan adanya ancaman maupun gangguan, Kegiatan Shalat berjalan dengan aman dan lancar masyarakat bisa merasakan Lebaran dengan bergembira. Kegiatan dilanjutkan dengan apel konsolidasi.

Penulis   : PID SAT BRIMOB

Editor      : Irda

Publish   : Fandi

You may have missed