19 September 2024

Kapolda Gorontalo: Tribrata Jadikan Pedoman Hidup Polri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail, MH melaksanakan Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Luhur Tribrata Dalam Rangka Pembinaan Tradisi Polri Tahun 2017 Di Aula Titinepo Polda Gorontalo. Kamis (06/7)

Upacara tersebut merupakan rangkaian dari peringatan HUT Bhayangkara ke-71 yang didalam tradisinya dilaksanakan pencucian Pataka Polda Gorontalo Moodelo Ayuwa. Pencucian pataka sebagai simbolis bagi seluruh personel Polri untuk kembali mensucikan dirinya guna instropeksi atas pengabdian yang telah dilakukan selama ini selaku anggota Polri.

Perilaku yang menyimpang dari nilai- nilai luhur Tribrata agar dievaluasi, diperbaiki dan bisa kembali menjadikan Tribrata sebagai pedoman Hidup dalam pengabdian kepada masyarakat Bangsa dan Negara,”Seru Kapolda.

Tribrata berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti; Tri = tiga, dan Brata= kaul (Nadar).  Kaul atau nadar adalah pernyataan seseorang/kelompok atas dasar kemurnian/keikhlasan hati sanubarinya. Jadi Tri Brata berarti tiga kaul (tiga nadar) yang telah diikrarkan oleh  Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk selanjutnya diamankan dan diamalkan oleh setiap anggotanya secara sungguh-sungguh.

Adapun 3 kaul dimaksud antara lain Kami Polisi Indonesia: Satu, Berbakti kepada nusa dan bangsa dengan penuh ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Dua, Menjunjung Tinggi Kebenaran, keadilan dan kemanusiaan dalam menegakkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Tiga, senantiasa melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan keikhlasan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban.”Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Tribrata agar dijadikan pedoman dalam setiap pengabdian kita sebagai anggota Polri,”Ajak Kapolda Gorontalo

Kabid Humas Akbp Wahyu Tri Cahyono,SIK menjelaskan bahwa sebagai rangkaian HUT Bhayangkara ke 71 dilaksanakan upacara pemuliaan nilai-nilai luhir Tribrata, Bertindak selaku Irup adalah Kapolda Gorontalo dan hadir dalam giat tersebut Wakapolda, Irwasda, Para Pejabat Utama , Para Kapolres dan Seluruh Personel Jajaran Polda Gorontalo.Makna yang diambil dalam pelaksanaan upacara tersebut adalah menyucikan diri dari berbagai perilaku yang mungkin telah menyimpang dan menciderai dari nilai-nilai luhur Tribrata. Dan Kapolda telah memberikan semangat dan motivasi kepada para Personel untuk kembali menjadikan Tribrata sebagai pedoman hidup Polri.

“Mumpung kita masih diberikan kesempatan mengabdi di dalam Organisasi Kepolisian, maka manfaatkan waktu yang ada untuk bisa membesarkan Organisasi ini agar lebih dicintai oleh masyarakat,”Ungkap Kabid Humas

Kegiatan dilanjutkan dengan acara Yasinan dan dzikir Asmaul Husna di masjid Adz Zikra Polda Gorontalo.

Penulis         : Wahyu Tri Cahyono

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Firdha

You may have missed