21 September 2024

TAKLIMAT AWAL WASRIK TAHAP II, KAPOLDA GORONTALO INGATKAN TARGET OPINI WTP

gorontalo.tribratanews.com -Polda GorontaloKapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK, M.Si. MM menghadiri sekaligus memberikan arahan pada kegiatan taklimat awal pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) Iwasda Tahap II aspek pelaksanaan dan pengendalian di Aula Titinepo Polda Gorontalo, Senin (26/10). Kegiatan tersebut diikuti oleh Wakapolda, Irwasda dan para PJU Polda Gorontalo.

Dalam sambutannya, Kapolda Gorontalo Wiyagus menjelaskan tentang pentingnya pengawasan sebagai bagian dari penerapan sistem pengendalian intern yang juga merupakan langkah awal sebelum diaudit oleh pengawas eksternal (BPK RI) disamping
untuk dapat mewujudkan Good Governance dan Clean Government guna mempertahankan Opini WTP ( Wajar Tanpa Pengecualian).

” Melalui kegiatan pengawasan dan pemeriksaan diharapkan dapat mengukur bagaimana kepatuhan Satker dalam mempedomani aturan dan pilun-pilun yang ada, serta mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian intern yang telah dilaksanakan oleh para kasatker di lingkungan Polda Gorontalo hal ini sangat penting karena dapat meminimalisir temuan-temuan dan memberikan keyakinan kepada pengawas eksternal (BPK RI), bahwa pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi polri telah dilaksanakan dengan taat aturan, hemat, efisien dan efektif, sehingga Opini WTP dapat kembali di raih,”Ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Wiyagus juga berpesan kepada para Kasatker agar terus meningkatkan kinerja meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan mengoptimalkan penggunaan anggaran secara tepat sasaran dan akuntabel.

“Saya mengingatkan kembali kepada para kasatker agar lebih meningkatkan
Pengawasan melekat di satuan kerja masing-masing, tidak ada lagi temuan berulang agar kinerja Polri pada tahun 2020 pada Satker Polda maupun di Satker Polres sampai Polsek dapat lebih meningkat,selanjutnya kepada tim, saya berharap nantinya dapat bekerja secara maksimal, guna menemukan kekurangan dan kelemahan pada obyek Wasrik serta sekaligus dapat memberikan solusi maupun sebagai edukasi untuk perbaikan Polri ke depan khususnya pada jajaran Polda Gorontalo,”terang Wiyagus.


Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,SIK mengatakan bahwa pengawasan dan pemeriksaan secara rutin dilaksanakan oleh Itwasda sebagai implementasi salah satu fungsi manajemen untuk mengontrol kinerja dan aktifitas satuan kerja organisasi.


” Setiap tahun Itwasda Polda Gorontalo rutin melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan, untuk tahap I meliputi Aspek perencanaan dan pengorganisasian ini sudah dilaksanakan sekitar bulan April lalu, dan sekarang Wasrik Tahap II dengan sasaran aspek pelaksanaan dan pengendalian, tujuannya adalah untuk mengukur sejauh mana kinerja para satuan kerja,mengetahui hambatan dan permasalahan yang dihadapi serta mencegah terjadinya penyimpangan khususnya dalam penggunaan anggaran, sehingga diperoleh opini WTP yang merupakan penilaian tertinggi atas laporan keuangan negara, Polri sudah 7 kali mendapatkan opini ini, dan ini terus kita pertahankan,”ujarnya.

Penulis : Wtc

Editor : Heri

Publish : Randi

You may have missed