20 September 2024

PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN POKDARKAMTIBMAS BHAYANGKARA PERIODE 2020-2024 OLEH WAKAPOLDA GORONTALO

gorontalo.tribratanews.com -Polda Gorontalo, Acara pelantikan dan pengukuhan Pokdarkamtibmas Bhayangkara daerah Gorontalo periode tahun 2020-2024, yang dipimpin oleh Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Jaya Subriyanto selaku pembina Pokdarkamtibmas serta didampingi oleh Danrem 133/NW Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, M.A., dan Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Heru Riyadi SH, MH., Bertempat Aula Titinepo Polda Gorontalo, Selasa, (24/11/2020).

Acara pelantikan dan pengukuhan tersebut dihadiri oleh Kepala BNNP Gorontalo, Dir Binmas Polda Gorontalo, Direskrimum Polda Gorontalo, Dirlantas Polda Gorontalo, Dir Narkoba Polda Gorontalo serta Dir Polairud polda Gorontalo.

Dalam sambutan Wakapolda Gorontalo menyampaikan, bahwa Polri telah membentuk kelompok sadar kamtibmas yang telah dituangkan dalam aturan keputusan Kapolri tentang pengukuhan dan pembinaan kelompok sadar kamtibmas dengan visi, menjadi sahabat dan menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan mencegah tangkal gangguan kamtibmas dengan hadir ditengah masyarakat untuk memberikan penyuluhan dalam peningkatan kesadaran kamtibmas, membangun komunikasi dengan efektif dan instensif dengan masyarakat kelompok atau komunitas, membangun dan mengembangkan kemitraan denfansif segenap komunitas dalam memilihara setuasi kamtibmas dan partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas.

“Sebagai kelompok sadar kamtibmas bisa membantu Program-Program kegiatan pemerintah ataupun Polri untuk bisa menciptakan setuasi kamtibmas yang kondusif.” Ujar Jaya kepada bapak/ibu pokdarkamtibmas yang baru dikukuhkan

Lebih lanjut Wakapolda Gorontalo Jaya Subriyanto berharap dengan Pengukuhan Pokdarkamtibmas Bhayangkara untuk dapat mengajak masyarakat lain dalam menciptakan setuasi kamtibmas yang kondusif.

“Kami sadar bahwa anggota Polri punya keterbatasan didalam pelaksanaan tugas khususnya untuk bisa mengajak masyarakat untuk memilihara setuasi dan kondisi yang kondusif, walaupun Polri punya Bhabinkamtibmas dan dibantu oleh rekan kita Babinsa dari Tni. Maka dari itu kami berharap dengan terbentuknya kelompok-kelompok sadar kamtibmas (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara yang bisa membantu Polri dalam mengingatkan dan mengajak masyarakat lainnya, tidak hanya terpaku pada tugasnya Bhabinkamtibmas ataupun Babinsa. Makin banyak masyarakat yang mengajak masyarakat lain untuk mengajak berbuat positif dalam menciptakan setuasi kamtibmas yang tentunya ini akan berpengaruh kepada setuasi wilayah khususnya Propinsi Gorontalo, dan ini kita lakukan adalah semata-mata untuk kepentingan masyarakat dan bukan kepentingan kelompok sadar kamtibmas, bukan kepentingan Polri/Tni maupun Pemerintah tapi kepentingan kita bersama seluruh masyarakat Gorontalo .” Harap Jaya pada saat sambutanya.

Sementara itu Dalam sambutan Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Bapak Heru Riyadi SH., MH., Mengucapkan terima kasih kepada Kapolda dan Wakapolda Gorontalo beserta jajaran yang mewujudkan acara pelantikan sekaligus pengukuhan Pokdarkamtibmas Bhayangkara daerah Gorontalo sebagai wujud pembinaan pada Organisasi kami.

“Bahwa pada hakikatnya Organisasi ini adalah mitra polri dan pemerintah, pada umumnya sebagai ujung tombak fungsi preentif Kepolisian dimasyarakat, sedangkan Polri sebagai organ negara atau pemerintah yang dimana keduanya harus bersatupadu bersama-sama membina masyarakat menjadi negri yang seleras antara kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya. Organisasi ini dalam kegiatannya selalu menjadi pohon dengan segala daya upaya yang terencana serta sismatis dalam menyiapkan, membentuk serta membina masyarakat agar peduli kamtibmas,” pungkas Heru

Katum Pokdarkamtibmas juga berharap, Polda Gorontalo untuk dapat membina dan mengurus anggota Pokdarkamtibmas dari tingkat daerah, Kabupaten, Kecamatan, hingga Desa, agar bermanfaat dan terus berpartisipasi aktif dalam membantu Pemerintah daerah dalam memilihara kemaamanan dan ketertiban masyarakat serta menciptakan lingkungan yang aman dan tentram.

“Untuk membantu tugas polri dalam mengurus Daerah Gorontalo ini adalah menyiapkan Pokdarkamtibmas sebagai pendamping bagi petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang berada disetiap desa atau kelurahan.” Lanjut jelas Ketum Pokdarkamtibmas

Penulis : Randi

Editor : Heri

Publish : Randi

You may have missed