21 September 2024

IMPLEMENTASI COMMANDER WISH KAPOLRI, KAPOLDA GORONTALO LANGSUNG ACTION GELAR SILATURAHMI DENGAN ULAMA SE-PROVINSI GORONTALO.

gorontalo.tribratanews.com -Polda Gprontalo, Usai dilantik menjadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ( Kapolri ) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si dalam penyampaian Commander Wishnya mengusung konsep Transformasi menuju Polri yang Presisi ( Prediktif, Responsibiltas dan Transparansi Berkeadilan). Konsep tersebut selanjutnya dibreakdown menjadi 4 bidang, 16 Program prioritas , 51 kegiatan dan 177 rencana aksi. Transformasi dibidang Operasional dalam hal pemantapan kinerja Harkamtibmas salah satu perwujudannya adalah melaksanakan silaturohmi dan komunikasi dengan Ormas-Ormas moderat yang besar. Hal inilah yang kemudian langsung di Implementasikan oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus,SIK.,M.Si.,M.M dengan mengundang para Ulama se-Propinsi Gorontalo guna memperkuat sinergi Polisional antara Polda Gorontalo dengan para Ulama.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Titinepo Polda Gorontalo dengan tetap mempedomani protokol kesehatan dan dihadiri Dir Intelkam Dir Binmas, Ketua Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Gorontalo Yusuf Danial, Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Alkhairat Gorontalo Abd Muin Mooduto, pimpinan Ponpes At Tanwir Mohamadiyah Kota Gorontalo Eko Setiawan,Ketua Mohammadiyah Gorontalo Sabadaka Ka Noung, Ketua MUI Gorontalo Adnan, Kakanwil kemenag Provinsi Gorontalo Syafrudin Baderung, Pimpinan Ponpes Sirojuth Tholibin Sidomukti, Penanggung jawab jamaah Tablig maulana Saad Ustad Arifin Matoka, Ketua FKUB Provinsi Gorontalo KH. Rasyid Kamaru, Ketua NU Provinsi Gorontalo Zulkarnain Suleman, penanggung jawab Jamaah Tabligh Syuro Alami Hendra Asi Ali, dan perwakilan dari Wahdah Fadli, Kamis (28/1/2021).

Dalam sambutannya, Kapolda Wiyagus meminta kepada seluruh ulama di Propinsi Gorontalo untuk dapat mendukung tugas-tugas Polri dalam Harkamtibmas serta dapat bersinergi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan merawat kebhinnekaan dan bersama-sama dengan Polri dan TNI menjaga keutuhan NKRI.

“Besar harapan kami kepada para ulama untuk dapatnya bersinergi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menjaga kerukunan antar umat beragama dengan terus merawat kebhinnekaan serta bersama-sama dengan Polri dan TNI menjaga kutuhan NKRI sehingga Kamtibmas dapat terpelihara dan kondusif,”kata Wiyagus.

Selanjutnya Wiyagus berkomitmen ingin membersihkan Propinsi Gorontalo yang dikenal sebagai Serambi Madinah dari minuman keras, narkoba dan barang haram lainnya.
“Biang dari segala kasus kriminalitas adalah minuman keras, oleh karena itu saya telah perintahkan kepada seluruh jajaran untuk terus melakukan pemberantasan terhadap peredaran minuman keras , narkoba dan barang berbahaya lainnya, apabila ada keterlibatan anggota Polri didalamnya, saya akan tindak tegas sesuai ketentuan yang berlaku,”tegasnya.

Kapolda Wiyagus juga menjelaskan bahwa dirinya telah memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk meningkatkan kolaborasi dengan pemerintah maupun tokoh masyarakat, tokoh agama maupun para ulama guna memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Insya Allah kita semua juga dapat melewati ujian yang Allah berikan kepada kita saat ini melalui pandemi Covid-19, hingga akhirnya dapat mewujudkan provinsi Gorontalo menjadi daerah yang Badatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur,” Imbuhnya.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono, SIK, ditempat terpisah menjelaskan bahwa membangun komunikasi dengan berbagai komponen elemen masyarakat termasuk didalamnya para Ulama,sangatlah penting terutama dalam mendukung tugas-tugas Polri dalam menjaga dan memelihara kamtibmas tetap aman dan kondusif.

“Bapak Kapolda secara rutin mengadakan tatap muka dengan seluruh elemen masyarakat, hal ini pula yang menjadi penegasan bapak Kapolri dalam Comannder Wishnya dibidang transformasi operasional dalam memantapkan kinerja Harkamtibmas yang diwujudkan dengan menjalin silaturohmi dan komunikasi dengan Ormas-ormas moderat,”jelasnya.

Dalam pertemuan silaturahmi itu juga Kapolda Wiyagus memberikan santunan berupa bantuan sosial untuk pembangunan pondok pesantren kepada Ponpes Alkhirat Gorontalo, Ponpes Sijoruth Tholibiin Sidomukti, maupun Ponpes At-Tanwir Muhammadiyah Kota Gorontalo

Penulis : Alex

Editor : Heri

Publish : Randi

You may have missed