21 September 2024

Wakapolda Gorontalo Dampingi Menteri Suharso Monoarfa Tinjau Sungai Talumelito Pasca Banjir dan Longsor

gorontalo.tribratanews.com -Polda Gorontalo, Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol. Pudji Prasetijanto Hadi,. MH mendampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo dan meninjau lokasi terjadinya longsor di Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo. Sabtu, (9/10).

Turut hadir dalam rombongan menteri, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan, serta tenaga ahli menteri. Ada juga Direktur Pengairan dan Irigasi, Direktur Kesehatan Gizi dan Masyarakat, Bupati Gorontalo, Danrem 133/NWB, Kabinda, Sekda Provinsi Gorontalo.

Suharso mengatakan banjir yang menyebabkan ambrolnya dinding sungai di Talumelito, seharusnya menjadi pelajaran buat warga setempat.

Ia menilai pentingnya untuk mengedukasi warga agar menanam pohon dan tidak membangun rumah di bantaran sungai.

“Pertama, masyarakat mesti diajarkan untuk menjauh dari bantaran sungai dan bantaran sungainya harus ditanami pohon,” ujarnya.

Wakapolda Gorontalo melalui Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono,. SIK, mengatakan Polda Gorontalo siap mendukung program pemerintah dalam hal ini penanaman pohon di bantaran sungai talumelito untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor.

“Tentunya penanaman pohon ini sangat bermanfaat. Apalagi bagi warga desa Talumelito, dimana daerah ini rawan banjir saat musim hujan. Dengan adanya penanaman pohon, kelak jika sudah tumbuh besar bisa menjadi pagar untuk antisipasi banjir ataupun tanah longsor,”ucap Wahyu.

Penulis : Alex

Editor : Heny

Publish : Randi

You may have missed