21 September 2024

Taklimat Akhir audit Kinerja Itwasda Polda Gorontalo Tahap II, Ini Penekanan Kapolda

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Bertempat di aula titinepo polda gorontalo, berlangsung taklimat akhir tahap II aspek pelaksanaan dan pengendalian Polda Gorontalo, (08/12/21)

Dalam kegiatan ini Di Pimpin langsung oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK., M.Si., MM dan dihadiri oleh Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol. Pudji Prasetijanto Hadi, MH, Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol. Yakub Dedy Karyawan, SIK., Pejabat utama Polda Gorontalo, Kapolres Jajaran Polda Gorontalo, para Pamen, Pama, Bintara, serta ASN Polda Gorontalo.

Kegiatan tersebut, diawali dengan pembacaan pernyataan hasil pemeriksaan (PHP) oleh Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol. Yakub Dedy Karyawan, SIK., dalam kesempatan ini Irwil I mengucapkan terima kasih kepada para Kasatker beserta seluruh staf atas keterbukaan dan kerjasama yang telah diberikan selama pelaksanaan wasrik, sehingga dapat berjalan lancar dan tertib.

Pada kegiatan ini, Kapolda mengungkapkan, melihat dari beberapa temuan sebelumnya pada tahun 2020 yang berjumlah 385 sekarang telah berkurang menjadi 142 temuan hal ini menunjukkan sudah ada upaya membenahi kekurangan yang menjadi temuan sebelumnya.

“Dibandingkan temuan audit tahap II tahun sebelumnya (2020) yang berjumlah 385, jumlah temuan kali ini berkurang sebanyak 142 temuan, hal ini menunjukkan sudah ada upaya peningkatan dari masing-masing kasatker dalam membenahi kekurangan-kekurangan yang menjadi temuan sebelumnya, namun demikian masih ada beberapa temuan yang perlu mendapatkan perhatian untuk ditindak lanjuti dengan segera dan sangat serius,” Ujar Wiyagus.

Beliau juga mengatakan meskipun dengan segala keterbatasan yang ada, berkat kerja sama dan koordinasi yang baik antara tim audit dan auditi, Itwasda telah mampu berbuat sebaik mungkin dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai aparat pengawasan intern pemerintah dilingkungan Polri khususnya di Polda Gorontalo.

“Dari hasil pengawasan dan pemeriksaan menggambarkan adanya peningkatan pada pembenahan administrasi perencanaan dan pengorganisasian dan pengendalian pada masing-masing satker dan keberhasilan pengawas dalam melakukan koreksi atas perbaikan administrasi bidang pembinaan dan operasional satker polda Gorontalo dan jajaran,” jelasnya.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK mengatakan bahwa kegiatan ini adalah fungsi kontrol dan kendali bagi penyelenggara mekanisme kerja organisasi

” Bahwa kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan ( Wasrik) secara rutin dilaksanakan sebagai aplikasi dari salah satu fungsi manajemen, yaitu fungsi kontrol dan alat kendali bagi penyelenggaraan mekanisme kerja organisasi yang memiliki arti penting dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi.” Ucap wahyu

“Selain itu denga Wasrik akan terwujud tertib admintrasi baik dibidang keuangan,material,operasional kegiatan serta mencegah terjadinya penyimpangan” tutup wahyu

Penulis : Biri

Editor : Heny

Publish : Randi

You may have missed