21 September 2024

KAPOLDA GORONTALO LEPAS PELETON RANTING BATALIYON 713

Kamis, 19 Desember 2021, pukul 07.41 WITA, bertempat di Mapolda Gorontalo berlangsung kegiatan pelepasan peleton ranting Yudha Wastu Pramuka Bataliyon 713 yang dipimpin langsung Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK.,M.Si., MM., dan dihadiri Wakapolda Gorontalo, Danrem 133/NWB, pejabat utama Korem serta pejabat utama Polda Gorontalo.

Setelah dilaksanakan pelepasan, peleton ranting kemudian berjalan kaki dari Mapolda Gorontalo menuju Bataliyon 713 dan diikuti Kapolda Gorontalo bersama pejabat Utama Korem dan Polda Gorontalo. Usai long march dilanjutkan upacara peringati HUT ke 73 Infanteri TNI AD yang merupakan puncak acara tradisi peleton ranting.

Dalam amanatnya, Danrem 133/NWB Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.IP., mengatakan bahwa salah satu peristiwa penting yang menjadi sejarah infanteri saat menghadapai agresi militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948, dimana pada saat itu Panglima besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat dengan melaksanakan perang rakyat semesta. Pasukan yang hijrah melaksanakan aksi wingate ( inflintrasi ) dengan cara long march kembali ke wilayah masing – masing dan membentuk wehrkreise ( kantong – kantong kekuatan ) sebagai titik kuat pertempuran gerilya.

“Dari peristiwa tersebut kita mendapat nilai-nilai ketokohan, patriotisme, kepemimpinan dari seorang Panglima Besar Jenderal Sudirman, nilai kejuangan profesionalisme Keprajuritan dan sifat pantang menyerah serta nilai kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang harus selalu terpatri dalam jiwa, sikap dan tindakan setiap Prajurit Infanteri sesuai dengan tema Infanteri yang solid, visioner, dan profesional,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kapolda Wiyagus melalui Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK., mengatakan bahwa dengan tantangan kedepan TNI – Polri merupakan salah satu hal yang tidak dapat di pisahkan dan merupakan amanat konstitusi yang menjadi pilihan terbaik bangsa dalam mempertahankan NKRI, sehingga harus menunjukan sikap solid, bersatu, bersinergi, dan bekerja sepenuhnya untuk rakyat.

” Atas nama Polda Gorontalo beserta jajaran, Bapak Kapolda Gorontalo mengucapkan selamat HUT ke – 73 Infanteri, semoga tetap jaya dan sukses dalam mengemban tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara yang kita cintai,” ujarnya.

Penulis : Arman

Editor : Heny

Publish : Randi

You may have missed