22 September 2024

IKPA POLDA GORONTALO TERBAIK ENAM SE INDONESIA, WAKAPOLDA : LAKUKAN PENGAWASAN, KONTROL DAN EVALUASI REALISASI ANGGARAN SETIAP SAAT

gorontalo.tribratanews.com-Polda Gorontalo,“Hasil capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Polri pada Triwulan III T.A. 2022 berada pada peringkat dua nasional dibawah Kementrian Keuangan RI dengan selisih 1,5 digit, sedangkan Polda Gorontalo dengan nilai sebesar 96.69, berpredikat sangat baik berada pada posisi urutan enam dari 36 wilayah Polda dan Mabes Polri”.

Pernyataan tersebut termaktub dalam sambutan Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika,SH,SIK,M.Si yang dibacakan Wakapolda Brigjen Pol. Drs. Pudji P. Hadi,MH saat pembukaan kegiatan Assistensi Fungsi Keuangan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan Anggaran T.A 2022, bertempat di aula Titinepo, Rabu (09/11/2022).

Lebih lanjut lagi Wakapolda Pudji menyampaikan, agar predikat ini dapat di tingkatkan mengingat waktu penyerapan anggaran untuk tahun 2022, tinggal dua bulan.

“Jangan sampai nilai IKPA kita mengalami penurunan di akhir tahun”.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini lanjut Pudji, penyandang bintang satu dipundak tersebut berharap kepada Kakanwil Perbendaharaan Provinsi dan Kepala KPPN Pratama Gorontalo untuk dapat memberikan bimbingan kepada pengemban funsi keuangan dalam hal ini bendahara dan para operato funsi perencanaan. Sehingga penilaian Triwulan IV Polda Gorontalo T.A 2022 bisa meningkat.

“Syukur syukur memperolah peringkat terbaik. Lebih dari itu, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tentang Laporan Keuangan Polri dapat di pertahankan”.

Terkait penyampaian Menteri Keuangan tentang realisasi anggaran belanja negara pada Triwulan III per 30 September 2022 baru mencapai 61,6% dari anggaran yang tersedia, Pudji meminta kepada para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang berada di lingkungan Polda Gorontalo dan jajaran agar mengecek kembali realisasi anggaran pada Satker masing masing.

“Kepada Karo Rena sebagai pembina fungsi perencanaan dan Kabid Keu sebagai pembina fungsi keuangan, bimbing dan arahkan Satker di lingkungan Polda dan jajaran, utamanya belanja barang dan belanja modal harus dapat mencapai lebih dari 90 % sesuai target yang telah direncanakan”.

Pudji juga mengingatkan, kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik baiknya.

“Dari Puskeu Polri telah memberikan perhatian kepada Polda Gorontalo dalam hal Asistensi Fungsi Keuangan dengan mengirimkan tim. Hal ini tentunya merupakan peluang yang sangat baik kepada peserta untuk dapat berkoordinasi terkait penggunaan angggaran”.

Sebelum mengakhiri sambutan, Wakapolda berikan beberapa penekanan.

“Laksanakan tugas ini dengan semangat dan kesungguhan hati dan penuh rasa tanggung jawab, bangun rasa peduli serta jaga semangat kebersamaan guna mewujudkan hasil efisien, praktis dan terkoordinir”, tutup Pudji.

Seperti diketahui, Kegiatan Asistensi Fungsi Keuangan dilingkungan Polri dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Anggaran T.A 2022 tingkat Polda Gorontalo diikuti oleh seluruh pengemban fungsi keuangan baik Kaur Keu dan Kaur Ren Polda serta Para Kasubag Ren yang berada di wilayah jajaran tersebut, dihadiri oleh seluruh para PJU Polda Gorontalo. Turut hadir pula Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi, Kepala KPPN Pratama serta Direktur BRI Cabang Gorontalo.

Penulis : Donsi

Editor : Jenry

Publish : Karim

You may have missed