22 September 2024

Kapolda Gorontalo Pimpin Penyerahan Dipa Petikan Satker T.A 2023 dan Penandatanganan Pakta Integritas

gorontalo.tribratanews.com -Polda Gorontalo melaksanakan penyerahan DIPA petikan Satuan Kerja (Satker) Tahun Anggaran 2023 dan pendatanganan pakta integritas, bertempat di Aula Titinepo Mapolda Gorontalo, Kamis (22/12/2022).

Terpantau pelaksanaan kegiatan ini dipimpin secara langsung oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol Helmy Santika, S.H., S.I.K., M.Si, didampingi Irwasda dan Karorena Polda Gorontalo serta diikuti oleh seluruh pejabat utama Polda Gorontalo dan Kapolres.

Kapolda Irjen Pol Helmy Santika dalam arahannya menyatakan bahwa, penyerahan Dipa Petikan Tahun Anggaran 2023 merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian proses perencanaan anggaran yang telah dilaksanakan oleh Biro Rena Polda Gorontalo sepanjang tahun 2022.

“Biro Rena Polda Gorontalo telah melaksanakan tahap akhir dari seluruh rangkaian proses perencanaa anggaran sepanjang tahun 2022, dimulai dari pemyusunan rencana kebutuhan anggaran, pagu indikatif, pagu anggaran dan pagu alokasih anggaran yang akhirnya ditetapkan menjadi Dipa tahun anggaran 2023 dan telah diserahkan secara simbolis oleh Kapolri pada kegiatan apel Kasatwil yang dilaksanakan 15 Desember 2022 di Mabes Polri beberapa waktu lalu,”ungkap Helmy

Dijelaskan secara keseluruhan alokasih anggaran untuk Polda Gorontalo T.A 2023 sejumlah Rp. 603.878.375.000. (Enam Ratus Tiga Miliar Delapan Ratus Tujuh Puluh Delapan Juta Tiga Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah).

“Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 4.03% jika dibandingkan dengan alokasih anggaran ditahun 2022 jumlahnya Rp. 579.563.408.000, jika ditelaah anggaran Dipa tahun 2023 sebagian besar alokasih anggaran masi digunakan untuk gaji/tunjangan perasonil serta belanja pegawai sebesar 61,71% sedangkan belanja barang dan belanja modal yaitu 47,52% dan 1,33%,”pungkasnya

Disampaikan, bahwa alokasih anggaran 2023 ini merupakan hasil rasionalisasi anggaran yang dilakukan oleh Rena Polri sesuai dengan evaluasi terhadap hasil penyerapan anggaran atau realisasi RPD dan pelaksanaan refisip pada tahun anggaran 2022, yang sudah dilakukan review dan penilitian oleh AFIP Irwasum Polri.

Lebih lanjut Kapolda Gorontalo mengatakan bahwa, dengan diterima Dipa petikan kepada seluruh Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Polda Gorontalo dan jajaran, pihaknya diminta agar segera melakukan eksekusi rencana kegiatan yang disusun dalam RKAKL dan melakukan penyerapan anggaran berdasarkan rencana penarikan dana sesuai target yang ditetapkan.

“Untuk Satker yang mendapatkan alokasih belanja modal bersumber dari rupiah murni yang merupakan program dan prioritas nasional agar dalam pengelolaannya benar-benar melakukan aturan yang bersifat khusus bagi proyek belanja modal pn,”lanjutnya

Kapolda Helmy Santika mengucapkan terima kasih dan berikan apresiasi kepada satker yang telah berkontribusi pasa pelaksanaan anggaran Tahun 2023.

“Pada kesempatan ini, saya berterima kasih dan apresiasi yang sebasar-besarnya kepada satker yang telah berkontribusi saat pelaksanaan anggaran 2023 sehingga pantas memperoleh penghargaan pada acara penyerahan Dipa tahun 2023 dan alokasih dana PKBB 2023 serta treasury awards 2022 yang dilaksanakan Kanwil DJPP Provinsi Gorontalo,”

Sebelum mengakhiri arahannya, Kapolda menyebutkan satuan Kerja Polda Gorontalo yang mendapatkan Treasury Awards 2022 diantaranya, Biddokkes sebagai pemenang terbaik 1 (satu) kategori pengelola PNBP, Satker Brimob sebagai pemenang terbaik 3 (tiga) pagubesar kategori pelaksanaan IKPA serta Satker Bidkum sebagai pemenang terbaik 3 (tiga) kategori unit akuntasi pembantu pengguna anggaran hilang.

“Saya berharap keberhasilan ini tentunya dapat dipertahankan dan ditularkan kepada satuan kerja yang lain untuk bisa ditingkatkan lagi kedepannya,”tutupnya

Adapun kegiatan tersebut diakhiri dengan acara penyerahan Dipa patikan 1 dan penandatangan Pakta Integritas T.A 2023 oleh Kapolda Gorontalo kepada Karo Logistik Polda Gorontalo, Direktur Pam Obvit dan Kapolres Gorontalo Kota.

Penulis : Randi

Editor : Jenry

Publish : Karim

You may have missed