20 September 2024

Wakapolda Gorontalo Sholat Idul Adha di Masjid Agung Baiturrahman Kabupaten Gorontalo Utara

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Jumat (01/9/2017) pukul 07.00 wita Waka Polda Gorontalo Kombes Pol.  Drs. Eko Sukriyanto melaksanakan sholat Idul Adha dimesjid Agung Baiturrahman Kab. Gorontalo Utara bersama  Gubernur provinsi Gorontalo Drs. Rusli habibie yang di ikuti oleh Ibu sekda provinsi Gorontalo prof Dr. Winarni monoarfa,  Ibu Waka Polda Gorontalo,  serta pimpinan SKPD Propinsi gorontalo, yang dalam hal ini disambut langsung oleh Bupati Gorontalo Utara bapak Indra Yasin.

Pada pelaksanaan sholat idul adha dilaksanakan pkl. 07.00 wita, menjadi Imam adalah Bapak Hasan tarua serta yang bertindak selaku khotib H.Idrus Fiola.

Khutbah yang di bawakan oleh khotib Uzt. H. Idrus Fiola dengan Tema : “Tiga Pelajaran Penting yang di ambil dari Pengorbanan Nabi Ibrahim As. Beserta Keluarganya” .

Dalam Khutbah khotib mengajak kepada Jamaah Sholat Idul adha atas syukur dan kenikmatan  ibadah yang amat dirasakan oleh sekitar 3 –  4 juta umat islam dari seluruh dunia yang menyelesaikan tahap akhir ibadah haji ditanah suci dan mendoakan agar semoga jamaah haji indonesia khususnya jamaah haji Provinsi Gorontalo memperoleh haji yang mabrur dan sehat walafiat dan bisa kembali ke tanah air berkumpul bersama keluarga,  isteri,  anak dan saudara.

Disamping itu pula khotib  menyampaikan sejarah kurban yang berlangsung sejak generasi p

ertama umat manusia,  namun syariat ibadah kurban dimulai dari cerita perintah allah kepada nabi Ibrahim  untuk menyembelih anak kesayangannya,  Ismail As.  Seorang anak yang ia idam –  idamkan bertahun –  tahun karena isterinya sekian lama mandul.  Dan akhirnya dengan ujian itu  atas kehendak allah drama penyembelihan anak manusia itu batal dilaksanakan,  dan ditebus dengan seekor sembelihan yang besar,  dan diabadikan untuk ibrahim pujian yang baik dikalangan orang –  orang yang datang kemudian,sebagaimana dijelaskan dalam (Qs. Ash Shaffat 106:111).

Gubernur Provinsi Gorontalo,  didampingi oleh Bupati Gorut,  serta Waka Polda Gorontalo yang duduk berdampingan dengan khusuk mendengarkan khutbah yang dibawakan oleh khotib yang menceritakan perjalanan kisah Nabi Ibrahim As. Beserta keluarganya.

Dengan bentuk kebahagiaan itu sebagai pimpinan tertinggi diprovinsi Gorontalo,  menjalin silaturahmi dengan masyarakat yang ada di Gorontalo Utara. Hal ini yang dirasakan awal penugasan Waka Polda Gorontalo Kombes Pol. Eko Sukriyanto yang didampingi oleh isteri dan anaknya yang ikut bersama melaksanakan Sholat Idul Adha di mesjid Agung Baiturrahman.

Penulis         : Halim

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Firdha

You may have missed