25 September 2024

Lomba Pacuan Kuda di Momen Lebaran Ketupat, Samapta Polda Gorontalo Hadir Lakukan Pengamanan

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Momen Lebaran ketupat di Provinsi Gorontalo banyak masyarakat yang berkunjung ke Kabupaten Gorontalo untuk bersilaturahmi. Dimana di momen tersebut masyarakat baik dari Kota Gorontalo maupun Kabupaten lain berbondong-bondong juga turut menghadiri kegiatan berupa lomba pacuan kuda dan karapan sapi. 

Olehnya dalam mencegah adanya gangguan Kamtibmas, personel Samapta Polda Gorontalo yang tergabung dalam Satgas Preventif Operasi Ketupat Otanaha 2023 hadir melakukan pengamanan jalannya perayaan kegiatan masyarakat tersebut, Sabtu (29/04).

Ipda Ismail Da’i SH, selaku perwira yang memimpin jalannya pengamanan mengatakan, Lomba ini memang rutin berlangsung di Lapangan Pacuan Kuda Desa Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, setiap Lebaran Ketupat. Namun, sejak pandemi covid-19 melanda, kegiatan ini sempat terhenti selama tiga tahun berturut-turut.

“Sebagai pihak keamanan, kita tentunya akan memberikan keamanan demi lancarnya kegiatan masyarakat ini,” imbuhnya.

Lanjut Ismail Da’i, lomba pacuan kuda dan karapan sapi sudah sangat melekat di masyarakat Gorontalo. Pasalnya, kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi warga Gorontalo, khususnya Suku Jawa Tondano di Desa Yosonegoro selain melaksanakan open house sepekan setelah Idulfitri.

“Mudah-mudahan dengan adanya kehadiran petugas kepolisian di Lapangan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang menyaksikan jalannya lomba, serta dapat mencegah adanya niat dari para pelaku kriminalitas,” pungkasnya.

You may have missed