25 September 2024

Optimalkan Pelayanan Masyarakat, Tim Asistensi Korbinmas Baharkam Polri Tinjau Pelaksanaan Polisi RW di Polres Bone Bolango

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Program Polisi RW merupakan program menghadirkan polisi di tiap-tiap RW untuk membangun interaksi positif yang konsisten antara polisi dan masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Tim Asistensi Korbinmas Baharkam Polri yang dipimpin oleh AKBP Sofyan Budiono, S.H, M.Si melakukan peninjauan Pelaksanaan Polisi RW di Polres Bone Bolango, Kamis (08/06).

Dalam pelaksanaan kegiatan, turut dihadiri langsung oleh Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda Gorontalo Kombes Pol. Amirjan, S.I.K, Kapolres Bone Bolango AKBP Muhammad Alli, S.I.K, para pejabat Polres, serta gabungan fungsi di lingkup Polres Bone Bolango.

Dijelaskan Direktur Binmas Polda Gorontalo KBP. Amirjan, Polisi RW merupakan sebuah program Kapolri yang bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas yang dilaksanakan di lingkup terkecil atau RW.

“Jadi, kedatangan tim dari Korbinmas Polri adalah dalam rangka asistensi sekaligus pengarahan kepada Polisi RW yang disiapkan untuk memelihara Kamtibmas yang dilaksanakan di lingkup terkecil,” kata Amirjan.

Senada dengan yang disampaikan AKBP Sofyan Budiono, S.H, M.Si, Polisi RW adalah salah satu program unggulan Polri untuk mendekatkan pelayanan kepolisian hingga ke tingkat rukun warga (RW), yang nantinya bisa membantu masyarakat memecahkan masalah dengan prinsip community policing, restorative justice, dan accountability

“Polisi RW bertugas sebagai petugas penghubung (liaison officer/LO) Polri di tiap RW. Sebagai LO, tugas Polisi RW untuk mendengarkan, menerima, berempati terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan, harapan dan permasalahan di masyarakat,” terangnya.

You may have missed