25 September 2024

Tingkatkan Kemampuan Personel, Samapta Polda Gorontalo Gelar Pelatihan SAR

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota guna sewaktu-waktu terjadi bencana, personel Direktorat Samapta Polda Gorontalo menggelar pelatihan SAR yang dilaksanakan di Aula Bid Dokkes Polda Gorontalo, Rabu (02/08).

Pada pelaksanaan pelatihan, dibuka langsung oleh Direktur Samapta Polda Gorontalo Kombes Pol. Moh. Zamroni, SIK dengan diikuti personel Samapta Polda Gorontalo.

Kombes Pol Zamroni mengatakan, dilaksanakan Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan pembekalan keterampilan teknis penggunaan peralatan yang dimiliki oleh Personel pada potensi pencarian dan pertolongan yang tentunya sangat diperlukan dalam pelaksanaan operasi SAR khususnya dalam penanganan kecelakaan maupun musibah yang terjadi di wilayah hukum Polda Gorontalo.

“Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan, sehingga ilmu yang sudah didapat nantinya mampu diterapkan dengan pengetahuan dan keterampilan yang kompeten, serta para personel dibekali kemampuan operasional di lapangan dan keterampilan teknis memanfaatkan perlatan yang dimiliki” tambahnya.

Menurutnya, pelatihan SAR sebagai cara untuk mensinergikan Polri dengan pihak Basarnas, terlebih gerakan pada saat terjadi bencana atau musibah dan juga sebagai wujud pembinaan personel. Dimana pihak dari Basarnas memberikan materi berupa Medical first And Responder serta praktiknya dan juga materi terkait water Rescue.

“Sasaran latihan lebih difokuskan pada ketahanan personel dan evakuasi, serta untuk sarana mendidik, melatih personel agar paham akan tugas pokok masing-masing. Teknik penyelamatan yang baik tidak hanya mempermudah penolong dalam melakukan penyelamatan, namun juga dapat menjamin keselamatan si penolong itu sendiri,”ucapnya.

You may have missed