20 September 2024

DIT SAMAPTA POLDA GORONTALO TINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM PENGENDALIAN HURU HARA

gorontalo.tribratanews.com -Polda Gorontalo, Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo melalui Dit Samapta menggelar latihan pengendalian huru-hara guna meningkatkan kemampuan personel dalam menghadapi situasi yang memerlukan penanganan khusus. Latihan yang dilaksanakan di lapangan Polda Gorontalo ini bertujuan untuk memastikan personel Kepolisian siap dan terlatih dalam mengatasi berbagai kerusuhan massa. 22 Agustus 2023

Latihan tersebut difokuskan pada pengendalian massa yang aman dan efektif, serta penerapan taktik komunikasi yang tepat guna menghindari eskalasi situasi. Latihan ini dapat memberikan peluang bagi para personel untuk memahami prinsip-prinsip dasar pengendalian massa, hak asasi manusia, serta metode komunikasi persuasif dalam situasi yang tegang.

Selama latihan, para personel juga diberikan panduan mengenai penggunaan peralatan pengendalian massa yang sesuai dengan standar internasional dan pedoman hak asasi manusia.

Dir Samapta Polda Gorontalo Kombes Pol. Moh. Zamroni, SIK., mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Beliau menegaskan komitmen Polda Gorontalo untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan dan kesiapan dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan.

“ini sebagai langkah proaktif dalam menanggapi dinamika perkembangan sosial. Dengan mengasah kemampuan dalam pengendalian huru-hara, Polda Gorontalo berupaya memastikan bahwa setiap personel memiliki kompetensi yang diperlukan untuk menjaga keamanan masyarakat tanpa mengabaikan prinsip-prinsip hak asasi manusia,” ucapnya

Dirinya juga berharap, latihan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan taktis personel, tetapi juga memperkuat hubungan positif antara kepolisian dan masyarakat Gorontalo. Upaya ini sejalan dengan visi Polda Gorontalo dalam menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis bagi seluruh warga.

Penulis : Arman

You may have missed