23 September 2024

KAROLOG POLDA GORONTALO BUKA BIMTEK PENGADAAN BARANG DAN JASA

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Bertempat di Aula Muzdaifah Mess Haji Jalan Poowo Bulotadaa Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo, Karolog Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono membuka bimbingan teknis (Bimtek) Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di jajaran Polda Gorontalo TA. 2023. Kamis (12/10/2023).

Kegiatan tersebut diikuti 34 peserta yang terdiri dari personel Polda Gorontalo dan Polres Jajaran yang telah memiliki sertifikat PBJ tingkat dasar. Adapun narasumber dalam giat Bimtek ini adalah Dr. Wiwik W. Mayang, M.Si yang saat ini menjabat sebagai analis kebijakan Muda Kemenag Provinsi Gorontalo dan  memiliki segudang pengalaman baik di bidang Pengadaan Barang dan Jasa maupun sebagai Saksi Ahli. Diantara pengalamannya di bidang PBJ yakni sebagai ahli kontrak pengadaan Indonesia (sertifikat LKPP), dan juga fasilitator LKPP Kompetensi Level 4.

Wahyu dalam sambutannya membuka Bimtek tersebut menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut.

“Bimtek ini dilaksanakan guna memberikan bekal kepada para peserta yang akan dipersiapkan untuk mengikuti Sertifikasi Uji Kompetensi PPK, Pokja Pemilihan dan juga Pejabat Pengadaan,”Terang Wahyu.

Selanjutnya Wahyu katakan bahwa sesuai ketentuan Perpres RI Nomor 12 Tahun 2021 yang merupakan perubahan dari Perpres RI Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa menjelaskan bahwa Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pokja Pemilihan  wajib memiliki sertifikasi Uji Kompetensi.

“Batas waktunya paling lambat 31 Desember 2023, karena di kita belum ada yang memiliki serifikasi uji kompetensi maka, kita adakan Bimtek ini dengan harapan saat nanti mengikuti ujian sertifikasi kompetensi semuanya bisa lulus dan proses pengadaan barang dan jasa di jajaran Polda Gorontalo TA. 2024 dapat berjalan lancar sesuai ketentuan,” Imbuh Wahyu.

Diakhir sambutannya Wahyu berpesan kepada peserta agar mengikuti kegiatan Bimtek PBJ dengan serius sehingga siap menghadapi ujian sertifikasi kompetensi.

“Saya harap seluruh peserta dapat menyimak materi yang diberikan oleh narasumber dengan sebaik-baiknya, manfaatkan kesempatan yang baik ini untuk membekali diri sehingga siap dalam menghadapi uji sertifikasi kompetensi baik PPK maupun Pokja Pemilihan, dan mudah-mudahan semuanya lulus,”Tutup Wahyu.

Adapun materi yang diberikan kepada para peserta Bimtek antara lain : Portofolio dalam rangka Ujian Kompetensi PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), 

“Portofolio dalam rangka Ujian Kompetensi Pokmil (Pokja Pemilihan, Tata Cara Evaluasi Dokumen Penawaran dan Tata Cara Pembuatan Dokpil (Dokumen Pemilihan).

You may have missed