23 September 2024

Jaga Kedisiplinan Anggota, Subbid Provos Polda Gorontalo Gelar Gaktiblin Secara Mendadak

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Demi mewujudkan kedisiplinan anggota Polri sendiri, Subbid Provos Bid Propam Polda Gorontalo menggelar Operasi Penegakan dan Penertiban Disiplin (Gaktiblin) terhadap anggota di Mapolda Gorontalo, Selasa (21/11).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan khususnya anggota Polri dalam berkendara, Subbid Provos dalam hal ini melakukan pemeriksaan kelengkapan diri berupa SIM serta dokumen kendaraan berupa STNK.

“Dalam operasi Gaktiblin yang digelar ini, ditemukan beberapa personel yang kedapatan tidak membawa surat-surat kendaraan maupun kelengkapan data diri,” kata Kabid Propam Polda Gotontalo Kombes Pol. Ferdiansyah, SIK.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan Gaktibplin kali ini sengaja dilakukan secara mendadak, tanpa pemberitahuan sebelumnya dengan maksud untuk mengecek kesiapan dan kedisiplinan anggota.

“Diharapkan operasi Gaktiblin dilaksanakan secara intensif guna meminimalkan pelanggaran anggota Polri khususnya personel Polda Gorontalo dalam melaksanakan tugas Kepolisian sehari-hari,” ungkapnya.

Dikatakannya, secara Teknisnya, petugas menghentikan kendaraan personel yang hendak memasuki Mapolda selanjutnya diperiksa kelengkapan surat kendaraan dan identitas

“Apabila dalam operasi terdapat pelanggaran, personel yang melanggar siap dikenakan tindakan disiplin dan diwajibkan untuk dapat melengkapai kendaraannya, baik itu kelengkapan diri mapun dokumen kendaraan,” ucap Ferdiansyah.

Menurutnya, anggota Polri wajib menjaga ketertiban dan kedisplinan diri sendiri sebelum menjaga ketertiban masyarakat, memberikan perlindungan, mengayomi, membina sekaligus memberikan contoh teladan kepada masyarakat.

“Sebelum bertugas melayani maupun dalam menjaga ketertiban masyarakat, sudah seharusnya kita memeriksa kesiapan dan menjaga kedisplinan kita sebagai anggota Polri sekaligus memberikan contoh teladan kepada masyarakat luas, baik saat bertugas maupun diluar jam dinas,” pungkasnya.

You may have missed