20 September 2024

Irwasda Polda Gorontalo Pimpin Anev serta Rapat Koordinasi Peningkatan Pelaksanaan Tugas Pokja UPP Saber Pungli

gorontalo.tribratanews.com -Polda Gorontalo, Bertempat di Aula R.M Miranti Kabupaten Bone Bolango, Polda Gorontalo gelar Anev sekaligus rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol Drs. Edward P. Sirait. Rapat tersebut membahas strategi peningkatan intensitas pelaksanaan tugas-tugas Pokja yang terdiri dari Pokja Intelejen, Pokja Pencegahan, Pokja Penindakan, dan Pokja Justisi gabungan dari semua aparat penegak hukum diluar Polri serta Inspektorat Provinsi Gorontalo selaku leading sektor yang ada dalam UPP Saber Pungli. Jum’at (24/11/2023)

Dalam rapat tersebut, terfokus pada diskusi mengenai peran serta dan efektivitas dari masing-masing Pokja di dalam UPP Saber Pungli. Pokja Intelejen membahas strategi pengumpulan informasi yang lebih efisien, Pokja Pencegahan membahas upaya-upaya pencegahan yang dapat ditingkatkan, Pokja Penindakan membahas peningkatan tindakan penegakan hukum, dan Pokja Justisi membahas aspek keadilan dalam penanganan kasus-kasus pungutan liar.

Saat dikonfirmasi Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol Drs. Edward P. Sirait mengatakan bahwa dalam rapat tersebut, ia menekankan pentingnya kolaborasi antar-Pokja untuk memastikan efektivitas penanggulangan pungutan liar (pungli).

“Pokja Intelejen diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dalam pengumpulan informasi untuk mendukung upaya pencegahan dan penindakan,”ungkapnya

Kemudian Pokja Pencegahan diarahkan untuk mengintensifkan kegiatan edukasi dan advokasi guna mencegah terjadinya praktik pungli. Sementara itu, Pokja Penindakan diinstruksikan untuk bertindak secara tegas dan cepat dalam menegakkan hukum terhadap pelaku pungli.

Irwasda Polda Gorontalo menyoroti peran Pokja Justisi dalam memastikan bahwa proses peradilan berjalan dengan transparan dan adil. Ia juga menyampaikan pentingnya koordinasi yang baik antar Pokja untuk mencapai tujuan bersama dalam memberantas praktik pungutan liar di Provinsi Gorontalo. Langkah-langkah konkret untuk meningkatkan sinergi di antara Pokja, termasuk peningkatan kualifikasi dan pelatihan anggota Pokja juga dibahas dalam rapat ini.

“Dalam rapat tersebut, dihasilkan komitmen bersama untuk terus meningkatkan sinergi antar-Pokja guna menciptakan lingkungan yang bersih dari korupsi di Provinsi Gorontalo serta Rapat koordinasi ini mencerminkan komitmen Polda Gorontalo dalam memberantas pungutan liar dan menjaga integritas pelayanan publik,”tegasnya

Penulis : Randi

You may have missed