20 September 2024

Wakapolda Gorontalo Tinjau Langsung Tes Kesamaptaan Jasmani Catar Akpol 2024

gorontalo.tribratanews.com Wakil Kepala Kepolisian Gorontalo Brigjen Pol Simson didampingi Karo SDM Dir Polairud dan Kabid Propam melaksanakan peninjauan tes kesamaptaan jasmani dan antropometri penerimaan anggota Polri calon Taruna/I Akpol T.A 2024 bertempat di Gelanggang olahraga kota Gorontalo. Sabtu (25/05).

Tes tersebut diikuti 27 peserta, terdiri dari 25 pria serta 2 wanita meliputi Kesamaptaan A yakni lari 12 menit mengelilingi lapangan, dan Kesamaptaan B terdiri dari, pull up (pria), chinning up (wanita), sit up, push up, shuttle run atau lari membentuk angka 8.

Usai Tes Kesamaptaan Jasmani A dan B, dilanjutkan dengan tes renang dan antropometrik atau pemeriksaan penampilan serta postur tubuh.

Sementara itu melalui Kabid Humas Kombes Pol Desmont Harjendro A.P, S.I.K., M.T. mengatakan, semua proses seleksi berjalan sesuai dengan sistem yang telah diatur.

“Hari ini (Sabtu) kita melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani bagi Calon Taruna/Taruni Akpol, bisa dipastikan bahwa semua proses berjalan sesuai dengan sistem yang telah diatur, dan nilai selalu berdasarkan pada obyektivitas dan fakta,” tambahnya.

“Kami berharap melalui seleksi ini nantinya akan terpilih dan tersaring calon anggota Polri, yang kelak akan menjadi generasi penerus Polri di masa mendatang,” Ucapnya.

Kemudian, Kombes Pol. Saiful Alam, SH.,SIK., MH. selaku Ketua Tim Jasmani menyampaikan bahwa sebelum melaksanakan tes, para peserta Calon Taruna AKPOL (Catar) mendapat penjelasan dari koordinator tes tentang gerakan yang benar (yang mendapat nilai) dan gerakan yang tidak benar (yang tidak mendapat nilai) dan setelah mengikuti masing–masing tes, peserta ditunjukan nilai hasil perolehan gerakan oleh tester, kemudian di tandatangani.

“Hal ini dilakukan untuk mengedepankan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis) guna menghindari segala kecurangan dalam setiap tahapan seleksi penerimaan anggota Polri,” tutupnya.

nia

You may have missed