21 September 2024

Hadir Sebagai Narasumber, IPTU Pranti Natalia Olii Sosialisasikan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang

gorontalo.tribratanews.com – Pemerintah Daerah Gorontalo bekerjasama dengan Polda Gorontalo mengadakan sosialisasi mengenai pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan mengusung tema “Cegah Tindak Pidana Perdagangan Orang, Perempuan Berdaya, Anak Terlindungi” yang berlangsung di Hotel New Rahmat INN Kota Gorontalo, Kamis (30/05).

Turut hadir dalam kegiatan Kadis P3A Provinsi Gorontalo, Kabid P2PA, Kasubdit Ditbinmas Polda Gorontalo, perwakilan dari Kejati, perwakilan dari Subdit IV Ditreskrimum Polda Gorontalo IPTU Pranti Natalia Olii, SH, organisasi perempuan, serta dari kementrian agama Kota Gorontalo.

IPTU Pranti Natalia Olii, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bahaya tindak pidana perdagangan orang (TPPO) serta pentingnya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 

“Kami ingin masyarakat lebih waspada terhadap modus-modus perdagangan orang yang kian marak serta mendorong perempuan untuk lebih berdaya dan anak-anak untuk lebih terlindungi,” ujarnya.

Diterangkan Pranti, Kasus TPPO sering kali melibatkan modus yang kompleks, seperti, perdagangan manusia, atau pemaksaan kerja paksa. Untuk itu masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk melindungi diri sendiri dan anggota keluarga dari ancaman tersebut.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap lingkungan sekitar. Jika menemukan situasi yang mencurigakan atau merasa terancam, segera laporkan ke pihak yang berwajib,” ungkapnya.

Lanjutnya, menyikapi permasalahan tersebut, Kepolisian siap memberikan perlindungan dan bantuan kepada siapa pun yang menjadi korban atau memiliki informasi terkait kasus TPPO. Kerjasama antara masyarakat dan kepolisian sangatlah penting dalam upaya pencegahan dan penindakan terhadap kejahatan ini.

“Mari kita bersama-sama menjaga keamanan diri dan orang-orang terdekat dengan menghindari situasi yang berisiko dan melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan kepada pihak berwajib,” tambahnya.

You may have missed