19 September 2024

Pastikan Kondisi Kesehatan Dan Kesejahteraan Tahanan Dit Tahti Polda Gorontalo Rutin Lakukan Pengecekan

gorontalo.tribratanews.com-Dalam rangka memastikan tahanan tetap terjaga Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) Polda Gorontalo melakukan pengecekan rutin terhadap tahanan pada hari Selasa 16/07/2024.

Di katakan oleh Dir Tahti Polda Gorontalo AKBP Gatot Sudibyo SE.,M.,Ak. pengecekan tahanan bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan dan kesejahteraan tahanan, menjamin keamanan dan ketertiban di dalam ruang tahanan dan memastikan bahwa fasilitas penahanan memenuhi standar yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan serta mengidentifikasi atau mengatasi potensi permasalahan pelanggaran hak asasi manusia di dalam tahanan

” Pengecekan meliputi evaluasi kebersihan ruang tahanan, kondisi sanitasi, ketersediaan air bersih, serta fasilitas lainnya seperti tempat tidur dan ventilasi. Hal ini penting untuk memastikan lingkungan penahanan yang layak dan higienis,” pungkasnya.

Tak hanya itu dirinya juga menyampaikan bahwa untuk keamanan dan ketertiban,
petugas mengecek sistem keamanan di dalam ruang tahanan, termasuk kondisi tahanan dan prosedur pengawasan. Keamanan dan petugas harus terjamin untuk menghindari potensi pelarian atau tindakan kriminal di dalam tahanan.

” Dit Tahti Polda Gorontalo memastikan bahwa hak-hak dasar tahanan terpenuhi, seperti mendapatkan makanan dan minuman yang layak, beribadah dan berkomunikasi dengan keluarga atau pengacara,” ujarnya.

Terlebih beliau berpesan dengan melakukan pengecekan rutin, Dit Tahti Polda Gorontalo berkomitmen untuk menjaga integritas dan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas, serta menjamin bahwa hak-hak tahanan dihormati dan dilindungi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Ini adalah bagian dari upaya untuk menciptakan sistem penahanan yang manusiawi dan bertanggung jawab.

Penulis : Karim

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.