20 September 2024

Terjaring Operasi Patuh Otanaha 2024, Petugas Berikan Blangko Tilang dan Teguran Terhadap Pengendara yang Melanggar

gorontalo.tribratanews.com – Operasi Patuh Otanaha 2024 terus digencarkan oleh Polda Gorontalo dengan tujuan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas. Dalam rangkaian operasi yang berlangsung di Pos KTL Telaga Kabupaten Gorontalo, petugas menindak tegas pengendara yang terbukti melanggar aturan lalu lintas dengan memberikan blangko tilang dan teguran.

Kasatgas Gakkum Ops Patuh Otanaha 2024, IPTU Alifia Septiana Harin Selvani, S.Tr.K., menjelaskan bahwa Operasi Patuh Otanaha 2024 fokus pada beberapa jenis pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi, seperti penggunaan helm, kelengkapan surat-surat kendaraan, pelanggaran rambu, dan penggunaan ponsel saat berkendara. “Operasi ini bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan di jalan,” ujarnya.

Pada hari ke-12 operasi, petugas berhasil menjaring puluhan pengendara yang melanggar aturan. Dari hasil penindakan, sejumlah blangko tilang dikeluarkan kepada pengendara yang melakukan pelanggaran berat, sementara teguran diberikan kepada mereka yang melakukan pelanggaran ringan. 

“Sikap tegas namun humanis menjadi pendekatan kami dalam operasi ini. Blangko tilang diberikan untuk pelanggaran yang memiliki potensi tinggi menyebabkan kecelakaan, sedangkan teguran lebih kepada edukasi agar pengendara tidak mengulangi kesalahan yang sama,” jelas Alifia.

Lanjutnya, Operasi Patuh Otanaha 2024 tidak hanya fokus pada penindakan, tetapi juga edukasi kepada masyarakat. Petugas membagikan brosur dan stiker keselamatan berlalu lintas serta memberikan penyuluhan langsung di lokasi operasi. “Edukasi merupakan kunci utama dalam menciptakan budaya tertib berlalu lintas. Kami berharap melalui sosialisasi yang intensif, masyarakat semakin sadar akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama,” pungkasnya.

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.