17 September 2024

Brimob Gorontalo Latihkan Kemampuan TPTKP dan Olah TKP Situasi Khusus

Gorontalo – Satuan Brimob Polda Gorontalo menggelar latihan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) Situasi Khusus, Selasa 3 September 2024 di Mako Satbrimob Polda Gorontalo, Siang.

Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan INAFIS Polda Gorontalo sebagai Instruktur latihan dengan peserta terdiri dari 30 personel gabungan Batalyon Pelopor dan Detasemen Gegana Satbrimobda Gorontalo.

Tujuan dari pelatihan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara adalah Menjaga agar TKP berada dalam keadaan sebagaimana pada saat dilihat dan diketemukan petugas yang melakukan Tindakan Pertama di TKP serta memberikan pertolongan atau perlindungan kepada korban atau anggota masyarakat apabila diperlukan, sambil menunggu Tim Olah TKP datang.

Sementara Olah TKP adalah tindakan petugas kepolisian untuk mencari, mengumpulkan, menganalisa, mengevaluasi petunjuk-petunjuk, keterangan dan bukti yang ditemukan di Tempat Kejadian perkara (TKP) yang berguna memberi arah terhadap penyidikan untuk menemukan pelaku kejahatan.

Sedangkan Situasi Khusus yang dimaksud adalah ketika Personel Brimob dihadapkan dengan tugas Operasi Tempur atau Operasi kemanusiaan baik Bencana Alam maupun Musibah yang berada di tempat sulit dijangkau ataupun beresiko tinggi menimbulkan korban jiwa, dengan tujuan mempercepat penanganan, maka personel Brimob dituntut untuk mampu melakukan TPTKP dan Olah TKP dengan baik.

“ Pelatihan TPTKP dan Olah TKP ini sangat berguna bagi personel Brimob Polri dalam pelaksanaan tugas dilapangan, khususnya operasi tempur ataupun Operasi SAR (Bencana dan Musibah), tidak menutup kemungkinan akan dijumpai situasi yang mengharuskan personel Brimob melakukan langkah – langkah tindakan pertama di tempat kejadian perkara”, ujar Akp Ruslan A. Djafar Selaku Kabagops Brimob Polda Gorontalo.

Alex

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.