17 September 2024

Rutin Patroli Malam Dit Samapta Polda Gorontalo Tertibkan Balap Liar Sebagai Langkah Tegas dalam Menjaga Kamtibmas

gorontalo.tribratanews.com-Balap liar di jalan raya telah lama menjadi masalah serius di banyak daerah, termasuk di Provinsi Gorontalo. Fenomena ini tidak hanya membahayakan keselamatan para pelaku balapan, tetapi juga pengguna jalan lain serta masyarakat sekitar. Menyikapi hal tersebut, Direktorat Samapta Polda Gorontalo terus berupaya melakukan penertiban melalui patroli malam, khususnya di kawasan-kawasan yang sering dijadikan lokasi balap liar Rabu 04/09/2024.

Balap liar sering kali dilakukan tanpa memperhatikan aturan lalu lintas dan keselamatan. Para pembalap liar cenderung tidak menggunakan alat pengaman standar, seperti helm dan perlengkapan lainnya, sehingga risiko kecelakaan sangat tinggi.

Di katakan Ipda Angga Wahyu Saputra S.,Tr.,k kegiatan balap liar ini juga mengganggu ketertiban umum dan menimbulkan keresahan di masyarakat, terutama karena dilakukan pada malam hari yang sering kali menimbulkan kebisingan.

” Melalui Dit Samapta Polda Gorontalo, memahami betul dampak negatif dari kegiatan tersebut. Oleh karena itu, patroli penertiban balap liar menjadi salah satu agenda rutin yang bertujuan untuk mencegah tindakan kriminalitas, menjaga ketertiban masyarakat, dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas akibat balapan liar,” ujarnya.

Tak hanya itu selain patroli rutin, Dit Samapta juga berkoordinasi dengan berbagai pihak dengan masyarakat setempat, untuk mendapatkan informasi terkait lokasi-lokasi yang sering dijadikan ajang balap liar. Dengan adanya kerjasama ini, tindakan preventif dapat lebih cepat dilakukan, dan para pelaku balap liar dapat ditangkap serta diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

” Dit Samapta Polda Gorontalo juga berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya para pemuda yang sering terlibat dalam kegiatan tersebut. Sosialisasi mengenai bahaya balap liar dan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas rutin dilakukan, baik melalui tatap muka maupun melalui media sosial,” Imbuhnya.

Dengan terus berjalannya patroli ini, Dit Samapta Polda Gorontalo menunjukkan komitmen dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menegakkan hukum secara adil dan efektif.

Penulis : Karim

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.