17 September 2024

Patroli Perintis Dit Samapta Polda Gorontalo Bubarkan Masyarakat yang Sedang Miras

gorontalo.tribratanews.com-Patroli Perintis dari Direktorat Samapta Polda Gorontalo kembali melakukan upaya pencegahan tindak kriminalitas dengan membubarkan sekelompok masyarakat yang sedang terlibat dalam pesta minuman keras di beberapa lokasi di wilayah Gorontalo, Rabu 04/09/2024.

Kegiatan yang di pimpin oleh Ipda Ipda Angga Wahyu Saputra S.,Tr.,k ini merupakan bagian dari upaya rutin yang dilakukan Kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menekan angka kejahatan yang kerap dipicu oleh konsumsi miras.

Dalam kegiatan Patroli yang dilakukan pada malam hari tersebut, Tim Perintis Dit Samapta Polda Gorontalo menemukan beberapa warga yang berkumpul di tempat terbuka, tengah mengonsumsi miras dan kemudian diketahui oleh tim Patroli setelah adanya laporan dari masyarakat yang resah dengan aktivitas.

” Setelah tiba di lokasi, petugas segera mengambil tindakan tegas dengan membubarkan kerumunan dan mengamankan barang bukti berupa miras yang mereka konsumsi. Para pelaku diberikan pembinaan di tempat dan diimbau untuk tidak mengulangi perbuatannya,” imbuhnya.

Lebih lanjut bahwa patroli ini dilakukan tidak hanya untuk menegakkan hukum, tetapi juga sebagai langkah preventif untuk mengurangi dampak negatif dari miras terhadap masyarakat.

“ Kami menginginkan lingkungan yang aman dan tertib. Konsumsi miras sering kali menjadi pemicu perkelahian, kecelakaan, dan tindakan kriminal lainnya. Oleh karena itu, kami terus melakukan patroli di titik-titik rawan dan membubarkan kegiatan yang berpotensi mengganggu keamanan,” jelasnya.

Selain membubarkan pesta miras, patroli ini juga dilakukan sebagai bentuk pendekatan humanis dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya miras, baik dari sisi kesehatan maupun sosial. Polisi juga mengajak masyarakat untuk proaktif dalam menjaga lingkungan sekitar, dengan melaporkan kegiatan yang mencurigakan atau berpotensi mengganggu ketertiban.

Lebih lanjut Dit Samapta Polda Gorontalo diharapkan dapat terus menekan angka kriminalitas yang dipicu oleh miras, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka. Patroli ini akan terus dilakukan secara berkala sebagai bentuk komitmen Polda Gorontalo dalam menciptakan lingkungan yang aman, dan kondusif bagi seluruh warga Gorontalo.

Penulis : Karim

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.