17 September 2024

Upaya Menjaga Keamanan Laut Dit Pol Airud Polda Gorontalo Lakukan Pengamanan Kapal Penumpang

gorontalo.tribratanews.com-Direktorat Polisi Air dan Udara Polda Gorontalo memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan, terutama terkait dengan pengamanan kapal penumpang, Kamis 05/09/2024.

Di katakan Dir Pol Airud Polda Gorontalo Kombes Pol Saiful Alam SIK bahwa, Dit Polairud bertanggung jawab atas pengamanan perairan dan udara di wilayah hukum Polda Gorontalo serta memiliki berbagai tugas, seperti melakukan patroli rutin di perairan, mencegah tindak kejahatan di laut, termasuk penyelundupan dan perdagangan ilegal, serta melakukan operasi penyelamatan saat terjadi kecelakaan laut.

” Setiap kapal penumpang yang beroperasi di perairan Gorontalo wajib memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan, seperti kelengkapan alat keselamatan, kondisi kapal yang layak, serta dokumen izin pelayaran yang sah. Personel Dit Polairud juga secara berkala melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal penumpang untuk memastikan bahwa semua persyaratan tersebut terpenuhi,” ujarnya.

Pengamanan terhadap kapal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya tindak kriminal, seperti perompakan atau pembajakan, yang dapat mengancam keselamatan penumpang dan awak kapal. Selain itu, ini juga bertujuan memastikan bahwa jalur pelayaran bebas dari hambatan yang bisa membahayakan kapal.

” Dit Polairud terus berusaha memastikan bahwa masyarakat dapat melakukan perjalanan laut dengan aman dan nyaman. Namun, upaya ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk disiplin dari para pengguna transportasi laut serta dukungan dari pemerintah dalam penyediaan fasilitas yang memadai,”imbuhnya.

Penulis : Karim

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.