19 September 2024

Jelang HUT Lalu Lintas Bhayangkara Ke-69, Dit Lantas Polda Gorontalo Gelar Lomba PKS

gorontalo.tribratanews.com – Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas Bhayangkara ke-69, Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Gorontalo menggelar Lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang diikuti oleh pelajar dari berbagai sekolah di Gorontalo. Acara ini diadakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari penting tersebut sekaligus untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas sejak dini di kalangan pelajar, Kamis (19/08).

Kegiatan lomba PKS yang berlangsung di Mako Dit Lantas Polda Gorontalo diikuti dengan penuh antusias oleh para pelajar. Tim-tim PKS dari berbagai sekolah menampilkan kemampuan mereka dalam hal disiplin berlalu lintas, formasi baris-berbaris, serta pengetahuan tentang keselamatan dan etika berlalu lintas. Para peserta dinilai berdasarkan keterampilan dalam mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah, kepatuhan pada aturan, serta kekompakan dan ketertiban selama perlombaan.

Direktur Lalu Lintas Polda Gorontalo, Kombes Pol. Mariochristy P.S Siregar, S.I.K, M.H., mengatakan bahwa lomba PKS ini bertujuan untuk membentuk generasi muda yang sadar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas, serta menjadikan pelajar sebagai agen perubahan di lingkungannya. 

“Lomba ini adalah bagian dari upaya kami untuk mendidik dan melatih pelajar agar lebih peduli terhadap keselamatan di jalan raya. Mereka juga kami harapkan dapat menjadi contoh yang baik bagi teman-teman sebayanya,” ujar Kombes Pol Mariochristy.

Selain meningkatkan pengetahuan tentang aturan berlalu lintas, lomba ini juga diharapkan mampu membangun karakter disiplin dan tanggung jawab di kalangan pelajar. Tim PKS yang berhasil meraih juara akan mendapatkan trofi, piagam penghargaan, dan hadiah menarik dari Dit Lantas Polda Gorontalo.

Lomba PKS ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga merupakan bentuk dukungan Polda Gorontalo terhadap pendidikan karakter di sekolah-sekolah. Para peserta dan guru pendamping menyambut baik acara ini karena dianggap sangat bermanfaat untuk pembinaan pelajar, terutama dalam aspek keselamatan berlalu lintas.

Dengan adanya lomba PKS ini, diharapkan para pelajar Gorontalo semakin sadar akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas, sehingga dapat tercipta generasi yang lebih peduli terhadap keselamatan dan ketertiban di jalan raya.

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.