21 September 2024

Dit Binmas Polda Gorontalo Laksanakan Supervisi Pos Kamling

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kamis (12/10/2017) Tim Supervisi Dit Binmas Polda Gorontalo kembali melaksanakan kegiatan Supervisi Pos-Pos Kamling. Sasaran supervisi kali ini adalah 3 Pos Kamling di 3 Desa/ Kelurahan di wilayah Kabupaten Gorontalo, 3 desa tersebut yakni Desa Yosonegoro Kecamatan Limboto Barat, Desa Talumelito Kecamatan Telaga Biru dan Kelurahan Hutuo Kecamatan Limboto yang rencananya akan dijadikan Kawasan Desa Aman oleh Satbinmas Polres Gorontalo.

Sebelumnya sudah ada beberapa Desa yang sudah termasuk di Kawasan Aman Gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Gorontalo.

Kegiatan Supervisi dipimpin langsung oleh Kasubdit Polmas Polda Gorontalo Kompol Rahim Balu, kegiatan dimulai pkl. 21.30 wita di Pos Kamling Desa Yosonegoro, dalam peninjauan tersebut Tim Dit Binmas Polda Gorontalo disambut KBO Binmas Polres Gorontalo Ipda Abdus Syafi, Bhabinkamtibmas Desa Yosonegoro Brigadir Fitri Rivai serta para awak Pos Kamling dan Aparat Desa, dari hasil peninjauan dari tim supervisi masih terdapat banyak kekurangan yang harus dibenahi dari Pos Kamling Yosonegoro, terutama perlengkapan jaga masih sangat minim, namun Bhabinkamtibmas Desa Yosonegoro berjanji akan terus berusaha membenahi dan segera merapatkan dengan aparat Desa bersama masyarakat untuk menjadikan Pos Kamling Yosonegoro lebih bagus lagi dengan perlengkapan Pos yang memadai. Karena di Pos itu menjadi pusat berkumpulnya rema muda di malam hari.

Tim Supervisi kemudian bergeser ke Pos Kamling Desa Talumelito, tidak jauh beda dengan Pos Kamling Yosonegoro, di Desa Talumelito Pos Kamling juga masih sangat minim peralatan jaga.

Menurut Bhabinkamtibmas Desa Talumelito Brigadir Moh. Soleh Pos Kamling Desa Talumelito memang sebelumnya adalah bangunan Dego-dego yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat. Oleh karena itu aparat Desa memang berkeinginan menjadikannya Pos Kamling agar bangunan tersebut tidak disalahgunakan sehingga nantinya akan merangsang masyarakar turut bersama menjaga Kamtibmas di Desa Talumelito terutama di malam hari.

Setelah meninjau Pos Kamling Desa Talumelito, Tim Supervisi beranjak ke Pos Kamling Kelurahan Hutuo Kecamatan Limboto, Pos Kamling Hutuo terletak di Kompleks Perumahan Hutuo, Tim Ditbinmas disambut Kasat Binmas Polres Gorontalo yang memang bermukim di Perumahan tersebut.

Menurut Kasat Binmas pembangunan Pos Kamling memang merupakan hasil rapat bersama masyarakat di kompleks perumahan, bahkan rencananya masyarakat tiap bulan akan mengumpulkan iuran untuk menata Pos Kamling tersebut dan sisanya untuk menyiapkan honor buat awak Pos Kamling yang berjaga terutama di malam hari. Sehingga akan lebih optimal lagi menjaga Kamtibmas di Kompleks Perumahan.

Dari ketigas Pos yang menjadi sasaran supervisi, menurut Kasubdit Polmas Kompol Rahim Balu masih terdapat banyak kekurangan, terutama perlengkapan Pos Kamling serta Awak Pos Kamling yang belum teratruktur dengan baik, namun Kasubdit Polmas tetap mengapresiasi keinginan masyarakat untuk menjadikan Desa aman sehingga nantinya kekurangan-kekurangan yang disampaikan secepatnya akan dibenahi dan akan digunakan sesuai peruntukannya dengan harapan masyarakat dapat bersama-sama Kepolisian dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas terutama di malam hari.

Penulis         : Firdha

Editor           : Alfian

Publish         : Firdha

You may have missed