21 September 2024

Kabid Humas Polda Gorontalo Sosialisasikan Peran Cyber Troops Polri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Bid humas Polda Gorontalo laksanakan Sosialisasi di Polres Gorontalo Kota tentang Optimalisasi  peran Cyber troops Polri Guna menetralisir Info Negatif Medsos yang berdampak Internal maupun Gangguan Kamtibmas dalam rangka terpeliharanya citra Polri dan kondusifitas wilayah di propinsi Gorontalo.

Pada kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan ini di mulai Rabu tanggal 08 November 2017 pkl. 08.00 wita, yang disampaikan langsung oleh Kabid Humas Polda Gorontalo Akbp Wahyu Tri Cahyono, SIK yang di dampingi  oleh Bripka Halim Mansur,  Bripka Munawir,. SH dan Bripda Fandi Umar.

Dalam kegiatan ini team Sosialisasi di sambut langsung oleh Kapolres Gorontalo Kota yang di Wakili oleh Waka Polres Gorontalo Kompol Indra F. Dalimunthe., SIK.

Sebelum dimulainya sosialisasi Waka polres  memberikan sambutan bahwa beliau sangat mensupport atas sosialisasi yang dilaksanakan oleh Bid Humas Polda Gorontalo,  dengan harapan apa yang disampaikan melalui penyampaian materi dari Kabid humas dapat diserap dan dipahami dengan baik serta di aplikasikan dalam tugas sehari – hari.

Setelah sambutan waka Polres, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kabid Humas, dalam hal ini Kabid Humas memberikan materi tentang pengenalan terhadap akun medsos Humas Polda Gorontalo,  dan mengajak kepada seluruh peserta untuk bergabung dengan akun tribrata news Polda Gorontalo,  dengan harapan agar semua anggota dapat mengetahui perkembangan setiap saat situasi Kamtibmas yang terjadi di Wilayah hukum Polda Gorontalo maupun di luar Polda baik itu berita Positif maupun berita negatif yang dilakukan oleh Anggota Polri.

Disamping itu pula Kabid humas menyampaikan bahwa Media online dapat melakukan berita Positif  dengan cara melakukan  share, memberikan komentar positif terhadap anggota yang telah melakukan tugas Polri terhadap palayanan kepada masyarakat,  juga dapat melakukan berita negatif sehingganya kedepan tugas Polri lebih berat dalam hal menghadapi tantangan kejahatan lewat dunia maya.

Untuk menyikapi hal ini Kabid humas memberikan kesempatan kepada Bripda Fandi umar humas untuk menyampaikan materi pembuatan akun untuk memfiralkan berita Positif tentang Polri dengan tujuan kedepan semua Personil dapat memberikan nilai Positif dalam penggunaan medsos dalam hal menunjang kinerja Polri khususnya Polda Gorontalo.

Sosialisasi yang dilakukan oleh Humas Polda Gorontalo adalah bentuk perhatian pimpinan untuk lebih peduli mengcounter berita Hoax atau berita negatif yang dapat merugikan orang lain maupun terhadap organisasi Polri.

Dalam penyampaian materi terakhir Kabid Humas memberikan materi tentang jurnalistik yang bergaya piramida terbalik dimana hal ini setiap pemberitaan yang di buat oleh anggota belum sesuai nilai berita yang di beritakan kepada media sehingga berita tersebut tidak mendapat respon yang positif dari publik.

Sebelum mengakhiri materinya Kabid humas meminta kepada seluruh peserta untuk membuat suatu berita, untuk melihat sejauh mana kemampuan peserta dalam membuat berita yang berisi 5W – 1H, yang di alami sendiri maupun yang di temukan atau diinformasikan oleh orang lain.

Hal ini untuk menyikapi arahan Kapolri untuk lebih meningkatkan kinerja Polri yang kedepan semakin hari tantangannya semakin berat. “tutup Kabid Humas”

Penulis         : Halim Mansyur

Editor           : Alfian

Publish         : Firdha

You may have missed