20 September 2024

Jaga Kamtibmas, Dit Binmas Polda Gorontalo Supervisi Ke Kamling di Desa Talulobutu

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Selasa 7 November 2017, Anggota Ditbinmas Polda Gorontalo laksanakan Giat Supervisi dan Monitoring Pos-pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling), Kasubdit Polmas Kompol Rahim Balu selaku Ketua Tim bersama anggota Ditbinmas Iptu Imran Laonga, Bripka Mahmud, Bripda Jumardin, dan Bripda Iswan mengarah ke Desa Talulobutu Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango.

Tim Supervisi Ditbinmas ditemani Kepala Desa Talulobutu mengecek 3 Pos Kamling yang terletak di 3 Dusun di Desa tersebut. Diawali dengan Pos Kamling di Dusun I Polanggua, kemudian dilanjutkan ke Dusun II Toino, Kegiatan berakhir di Pos Kamling Dusun III Butaaleya, Ketiga Pos Kamling relatif sama begitupun bentuk dan ukurannya, yang membedakan hanyalah perlengkapan Pos Kamling lebih menonjol di Pos Kamlinh Dusun III. Karena Menurut Kepala Desa Ketiga Pos Kamling memang dibangun bersamaan dan diharapkan dapat dikelola masyarakat dusun tersebut yang dipimpin Kepala Dusun Kepala Desa juga menambahkan Pos-pos Kamling ini baru sebulan rampung dan nantinya akan mengundang Kapolres atau Kasat Binmas Bonbol untuk meresmikannya.

Sebagai laporan, Pembangunan Pos-pos Kamling diambil dari penyerapan anggaran dana desa. Karena masyarakat sangat suport terutama para rema muda di Desa. Terlebih disetiap Pos dilengkapi fasilitas Wifi gratis yang menjadi magnet bagi masyarakat terutama para rema muda untuk berkumpul dan melaksanakan jaga terutama di malam hari.

Ketua Tim Kompol Rahim Balu sangat mengapresiasi langkah Kepala Desa membangun bukan hanya 1 tapi 3 langsung pos kamling di setiap dusun,  “Baru ini saya lihat Kepala Desa aktif bersama masyarakat mendirikan Pos Kamling bahkan disetiap Dusun, walaupun Desa ini belum ada anggota Bhabinkamtibmas definitif, Ini menunjukkan kepedulian dari Kepala Desa untuk membuat desanya aktif melalui pembangunan Pos Kamling tentunya masyarakat akan dengan sendirinya memiliki keinginan menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya” ujar Kasubdit

Kepala Desa Talulobutu mengharapkan adanya kegiatan-kegiatan pengecekan seperti ini, karena para awak Pos Kamling yang nantinya akan difungsikan untuk menjaga pos tentunya perlu pembinaan, pelatihan, serta kemampuan dari pihak Kepolisian, “Yang paling utama pak mohon ditempatkan 1 anggota Bhabinkamtibmas, sehingga dapat membimbing kami dalam pemanfaatan Pos Kamling, Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Polsek”, ungkap Kepala Desa.

Penulis         : Iswanto (PID Dit Binmas)

Editor           : Alfian

Publish         : Fandi

You may have missed