21 September 2024

Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Harap Warga Persempit Tindakan Kriminal

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Anggota Bhabinkamtibmas Desa Hutada Kec. Telaga Jaya Kab. Gorontalo melaksanakan sambang door to door menemui warga dari rumah ke rumah di desa binaannya yang berada di Dusun II Desa Hutadaa Kec. Telaga Jaya. Senin (12/02)

Tugas pokok Polri khususnya Bhabinkamtibmas yaitu melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan penyuluhan masyarakat guna peningkatan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap hukum serta terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sesuai arahan Kapolres Gorontalo Akbp Purwanto SIK., MH agar seluruh anggota Bhabinkamtibmas melaksanakan sambang dan menyampaikan pesan pesan kamtibmas secara rutin di desa binaannya.

Perintah tersebut ditindak lanjuti oleh bhabinkamtibmas Desa Hutada yang melaksanakan sambang dan menyampaikan himbauan kamtibmas secara rutin dan mengajak masyarakat senantiasa bersama – sama mengamanankan wilayahnya.

Masyarakat diminta peka terhadap wilayahnya, apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan agar segera menghubungi pihak yang berwajib. “Keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab kepolisian, namun menjadi tanggung jawab kita bersama,” terang bhabin.

Dengan adanya pastisipasi aktif dari masyarakat terkait kamtibmas, diharapkan dapat mempersempit ruang gerak pelaku kriminal, bahkan dapat menangkal segala tindak kriminal yang mungkin akan terjadi.

Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan – pesan kamtibmas kepada warga sekitar menghimbau dan mengajak yang ditemui untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas dilingkungan tempat tinggal masing-masing terutama dalam kegiatan ronda malam atau siskamling dan tidak mengkonsumsi minuman keras yang dapat menimbulkan berbagia macam permasalahan.

Selain itu dalam silaturahmi tersebut juga bertukar pikiran serta mendengarkan keluh kesah masyarakat binaannya agar bisa lebih dekat lagi antara Pihak Kepolisian dengan masyarakatnya.

Disamping itu, Kabid Humas Akbp Wahyu Tri Cahyono, SIK mengatakan “Dengan sambang atau door to door ini diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keamanan lingkungan serta dapat mempererat hubungan silaturahmi antara petugas Kepolisian dengan warga masyarakat, sehingga Kepolisian akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi secara langsung dari masyarakat mengenai keadaan kamtibmas di suatu wilayah atau desa.

Penulis         : Firdha

Editor           : Mulyono

Publish         : Firdha

You may have missed