22 September 2024

CEGAH PAHAM RADIKAL DI MASYARAKAT, PERSONIL OPS BINA WASPADA GENCAR LAKSANAKAN SAMBANG

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Minggu, 15 April 2018, Personil Ops Bina Waspada Otanaha 2018, AKBP Soepardjo, SH ditemani Iptu Hasan Dama bersama anggota Tim III melaksanakan sambang ke kawasan Pasar Minggu dan Terminal 42 di Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo, Kunjungan tersebut merupakan rangkaian Operasi Bina Waspada Otanaha 2018 yang bertujuan untuk dapat membangun opini positif di masyarakat dalam pemahaman radikalisme dan anti pancasila. Pada kesempatan tersebut Iptu Hasan Dama menghimbau kepada para pedagang apabila menemukan orang  baru yang gerak-geriknya mencurigakan agar melapor ke pihak yang berwenang atau kepolisian. Masyarakat diharapkan peka dan tanggap terhadap situasi di lingkungannya sehingga dapat menangkal masuknya paham radikal.

Dilain tempat, Kasatgas II AKBP Iyam Nusuri menyambangi masyarakat yang lagi duduk di trotoar Jalan HB. Jassin Kota Gorontalo, Kasatgas II menghimbau agar masyarakat Pro Aktif melaporkan sekecil apapun informasi kepada pihak Kepolisian terutama tentang masuknya paham radikal yang anti pancasila.

Selain sambang, selama pelaksanaan Operasi para personil yang terlibat juga melaksanakan DDS (Door to door system) ke Rumah-rumah para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Binluh atau Penyuluhan Kamtibmas, serta Kerma/Koordinasi dengan pihak terkait.

Operasi bina waspada otanaha berlangsung selama 10 hari dimulai dari tanggal 13 April sampai dengan 22 April 2018, dengan tujuan untuk mengantisipasi paham-paham maupun aliran tentang radikalisme dengan kelompok-kelompok yang ada di masyarakat. Operasi ini lebih mengedepankan fungsi Binmas sebagai pembinaan dengan harapan kegiatan operasi bina waspada dapat berjalan sesuai dengan target yaitu untuk menjauhkan paham radikal dan anti pancasila di lingkungan masyarakat.

Penulis         : Iswandi  (PID Dit Binmas)

Editor           : Mulyono

Publish         : Fandi

You may have missed