22 September 2024

KAPOLDA GORONTALO MELEPAS 100 PERSONEL SATBRIMOB YANG TERGABUNG DALAM SATGAS AMOLE

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Selasa ( 08/5/2018) sekitar pukul 19.00 wita Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail MH melepas 100 personel sat Brimobda Gorontalo yang tergabung dalam Satgas Amole melalui Apel Pemberangkatan di Bandara lama Djalaluddin Gorontalo.

Satgas Amole merupakan Satuan Tugas yang disiapkan dalam rangka pengamanan obyek vital nasional PT Freeport Indonesia yang berada di Papua.


Dalam arahannya, Kapolda menjelaskan tujuan pengiriman pasukan BKO Brimob Gorontalo dalam pengamanan PT Freeport Indonesia di Papua.

“Kita ketahui bersama bahwa Sitkamtibmas di wilayah Papua rentan terjadi konflik bersenjata yang dilakukan oleh kelompok-kelompok yang ingin memisahkan diri dari NKRI, mereka sering melakukan ancaman terhadap masyarakat maupun terhadap obyek vital nasional di Papua, terang Kapolda.


“PT Freeport merupakan salah satu obyek vital yang sering mendapat ancaman dari kelompok bersenjata tersebut maupun dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, hal ini menuntut Polri yang bertanggung jawab dalam  memelihara Kamtibmas untuk segera menanggulanginya sehingga oleh Pimpinan Polri telah diambli langkah strategis dengan melaksanalan pengamanan pada obyek vital tersebut dengan menugaskan satuan Brimob Polri, tambah Kapolda.

Semetara itu Kasat Brimob Akbp Yudo Nugroho SIK mengatakan bahwa anggotanya melaksanakan tugas pengamanan di Freeport selama kurang lebih 4 (empat) bulan.

“Nanti 100 anggota Satbrimob yang kita kirim dalam Satgas Amole pengamanan PT Freeport, mereka bertugas selama kurang lebih 4 bulan, sebelum mereka bertugas di daerah Operasi, kita sudah bekali mereka dengan kegiatan latihan pra operasi dan minggu lalu kita berikan juga pelatihan jungle war, intinya mereka semua siap untuk melaksanakan tugas, tegas Yudo.

Dalam kesempatan yang sama Kabid Humas Akbp Wahyu Tri Cahyono,SIK menambahkan.bahwa beberapa kali satbrimob da Gorontalo mendapatkan tugas pengamanan di PT Freeport Papua.
“Sudah kesekian kali anggota Satbrimobda Gorontalo mendapat tugas pengamanan di PT Freeport bergabung dengan Satbrimob dari Polda lain, namun demikian tadi Pak Kapolda menekankan kepada anggota Brimob yang akan bertugas untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan selalu waspada dengan perkembangan situasi yang ada di sana, jangan lengah,kata Wahyu.

“Kita doakan semoga mereka bisa melaksanakan tugas mulia ini dengan baik dan lancar serta senantiasa dalam lindungan Allah SWT sehingga berangkat 100 kembali juga 100, amin.ajak Wahyu.
Hadir dalam acara pelepasan tersebut Wakapolda, para Pejabat Utama, Kapolres Gorontalo serta sanak keluarga dari anggota Brimob yang akan berangkat tugas.

Penulis         : Wahyu Tri Cahyono

Editor           : Mulyono

Publish         : Wahyu Tri Cahyono

You may have missed