21 September 2024

BERMUSYAWARAH DAPAT MENJAGA KAMTIBMAS TETAP KONDUSIF

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Musyawarah adalah suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan (mencari jalan keluar) untuk mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan yang menyangkut urusan dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah satu usaha yang di lakukan Babhinkamtibmas untuk selalu menjaga kamtibmas di wilayahnya masing-masing adalah dengan musyawarah, ini bertujuan untuk mencapai mufakat atau persetujuan bersama. 

Terkait dengan menjaga kamtibmas agar selalu kondusif, Kamis 22 November 2018 Babhinkamtibmas Brigadir Reynaldo F Kolondam yang menaungi 5 (lima desa) bersama Kepala Desa Bonedaa pertemukan atau mediasi (problem solving) terhadap warga binaannya yang sedang berselisih paham di Desa Bonedaa tepatnya di rumahnya Kepala Desa Bonedaa. Ada pun titik permasalahanya ialah, salah satu warga binaan Reynaldi telah melakukan pemukulan, hingga membuat korban mengadukan peristiwa tersebut kepada Babhinkamtibmas, yaitu Brigadir Reynaldi F Kolomdam.

Setelah di pertemukan  kedua belah pihak oleh Reynaldi, pelaku maupun korban pemukulan mengambil alternatif untuk berdamai, dari pihak korban berjanji tidak ada perasaan dendam, begitu juga sebaliknya dengan tersangka berjanji tidak akan mengulangi perbuatanya kembali. 

Reynaldi menghimbau agar kejadian ini menjadi perhatian kita bersama, serta dapat mengambil hikmahnya. Berselisih atau saling bermusuhan tidaklah baik, perbuatan seperti itu dilarang juga oleh agama, serta akan mengganggu Kamtibmas lingkungan kita. Marilah kita senantiasa menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing selalu kondusif, apa lagi sekarang kita telah memasuki pemilihan Pileg dan Pilpres 2019″ajak Reynaldi”.

Penulis         : Iswan

Editor           : Risda

Publish         : Iswan 

You may have missed