22 September 2024

JELANG NATAL DAN TAHUN BARU KARO OPS BUKA PELATIHAN PRA OPERASI LILIN OTANAHA TAHUN 2018

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Latihan Pra Operasi yang dipimpin dan dibuka oleh Karo Ops Polda Gorontalo Kombes. Pol. Drs. Gatot Santoso yang diikuti oleh para Wakil Kasatker serta. Personil yang terlibat dalam operasi Lilin Otanaha Tahun 2018. Kamis (20/12/18)

Dalam sambutan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Rachmad Fudail, MH yang dibacakan oleh Karo Ops Polda Gorontalo menjelaskan bahwa giat Latpraops merupakan tahapan dari proses manajerial yang harus dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan seluruh personel yang terlibat dalam operasi, sehingga dalam pelaksanaan tugas dilapangan nanti para personel benar – benar paham dan mengerti apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Dalam giat perayaan Natal yang dilaksanakan diGereja – Gereja dan untuk perayaan Tahun Baru dilaksanakan ditempat2 hiburan dan tempat keramaian maka perlu adanya antisipasi Polda Gorontalo melaksanakan ops terpusat dengan Sandi Lilin Otanaha 2018 yang dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 23 s/d 01 Januari 2019,

Perlu disampaikan data perbandingan gangguan kamtibmas dan kecelakaan serta pelanggaran lalu lintas yang terjadi pada operasi lilin tahun 2016 dan tahun 2017 sebagai bahan masukan kita semua untuk data gangguan kamtibmas Tahun 2016 sebanyak 17 kasus, 8 MD, 2 Luka Berat dan 10 Luka Ringan. Untuk Tahun 2017 sebanyak 14 kasus, 3 MD, 5 Luka berat, 12 luka ringan. Sedangakan untuk pelanggaran lalu lintas tahun 2016 sebanyak 165 kasus dan tahun 2017 sebanyak 910 kasus naik 452%.

Secara umum dapat dinyatakan bahwa gangguan kamtibmas maupun laka lantas pada pelaksanaan Operasi Lilin Tahun 2017 relatif sedikit namun ini perlu menjadi perhatian bagi kita semua dari Kasus yg terjadi tersebut diatas, Melalui Pelatihan Pra Ops ini kita tingkatkan Profesionalisme Polri dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019.

Karo Ops menambahkan laksanakan koordinasi dengan Stekholder dalam pengaman Operasi Lilin, dalam Pengamanan Gereje laksanakan Preventif, laksanakan pemeriksaan ketempat-tempat umum untuk mencegah Premanisme, pengungkapan kasus, perdayakan satgas pangan. Jangan gegabah Kontraproduktif/berlebihan dalam penindakan tugas dilapangan Harus mampu mengendalikan diri.

Kabid Humas Akbp. Wahyu Tri Cahyono, Sik. Menerangakan bahwa dilaksanakannya giat Latihan Pra ops ini memberikan pengetahuan, keterampailan dan kemampuan, sehingga dalam pelaksanaannya berjalan secara baik dan benar pada pelaksanaan operasi yang akan kita gelar nanti.

Penulis     : Awzazg

Editor        : Irda

Publish     : Fandi

You may have missed