20 September 2024

BRIGADIR RIDWAN ; PETANI HARUS PAHAM TENTANG HOAX

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Pemahaman tentang bahayanya hoax bukan hanya para pelajar, abang bentor, pedagang dan lain-lain. Namun pemahaman tentang bahaya hoax juga petani kecil juga harus mengetahui. Bagaimana para petani kecil ini bisa mengetahui dan mengerti bahaya dan resiko bagi stabilitas keamanan bila kita menyebar hoks.

Kepolisian melalui Babhinkamtibmas berupaya keras memberikan pemahaman-pemahaman bagaimana bahaya hoax dari kalangan atas sampai ke tingkat bawah, bahkan sampai ke petani kecil pun di sentuh oleh Babhinkamtibmas. 

Dalam menjaga kamtibmas dari hoax atau berita bohong beredar di wilayah hukumnya Polres Bone Bolango mengoptimalkan seluruh personil yang bertugas sebagai Babhinkamtibmas untuk menyentuh warga masyarakat dari tingkat atas sampai bawah. Kamis, 14 Februari 2019 Babhinkamtibmas Polsek Botu Pingge Polres Bone Bolango jajaran Polda Gorontalo, Brigpol Ridwan A. Ahmar temui warga binaannya yang berprofesi sebagai petani sayur di Desa Timbuolo Kecamatan Botupingge Kabupaten Bonebolango. 

Menurut Ridwan, Hoax juga sangat berbahaya bila beredar di kalangan petani kecil. Misalnya ada pemberitaan tentang” pemerintah mengimpor sayur kol dari luar negeri,akibatnya harga jual sayur kol lokal anjlok”mengetahui berita tersebut, para petani berunjuk rasa  dengan cara merusak tanaman kolnya sampai tidak bisa di gunakan lagi. Ternyata aksi petani ini di picu oleh berita hoax yang beredar, kasihan para petani kecil kita. Oleh karena itu penting bagi para petani kecil ini mengetahui tentang bahayanya hoax atau berita bohong, “jelas Ridwan. 

Dalam kesempatan itu, Ridwan menjelaskan kepada petani sayur yang di temuinya. Jelas ridwan” walaupun kita berprofesi sebagai tukang sayur atau petani sayur, kita juga wajib dan harus paham tentang bahaya berita hoax atau berita bohong di kalangan para petani. Jangan mudah percaya dan menelan mentah-mentah berita yang beredar, harus di konfirmasikan terlebih dahulu kepada dan di mana awal sumber berita itu berasal,”ajak Rindawan.

Penulis         : Iswan 

Editor           : Irda

Publish         : Firdha

You may have missed