24 September 2024

ANTISIPASI KONFLIK DEMOKRASI, BHABINKAMTIBMAS AJAK WARGA UNTUK TIDAK MUDAH DI PECAH BELAH OLEH BERITA HOAX

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Penyelenggaraan Pemilu 2019 yang serentak berpotensi menimbulkan kerawanan konflik yang besar. Salah satu kerawanan konflik dalam demokrasi adalah potensi pecah belah di tengah masyarakat yang berbeda pilihan.

Bhabinkamtibmas adalah representasi Polri yang berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam mengemban fungsi pencegahan atau preemtif.
Bhabinkamtibmas juga berperan sebagai mata dan telinga pimpinan yang paling terdepan untuk melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan kamtibmas.

Untuk menciptakan suasana yang kondusif dan melakukan deteksi dini potensi pecah belah selama pesta Demokrasi Bhabinkamtibmas Desa Dunggala Brigadir Moh T Arumasi pada hari kamis 04 april 2019 melaksanakan giat sambang dan bertatap muka serta melakukan penggalangan kepada warga yg ada di desa dunggala kec.tapa, serta menghimbau agar warga dapat memberikan informasi-informasi terkait dengan potensi potensi kerawanan yang ada di desa menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 dan juga memberikan menghimbauan kepada warga tersebut agar menghindari atau tidak menanggapi Berita-berita yang belum tau kebenaranya atau berita HOAX baik dari media sosial, eloktronik dan media cetak dan kampanye-kampanye hitam yang dapat menimbulkan potensi konflik di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu Bhabinkamtibmas juga berharap meski berbeda pilihan “masyarakat harus tetap menjaga kerukunan, persatuan, persaudaraaan sebagai saudara sebangsa setanah air jangan sampai dilupakan”.

Penulis   : Syaiful

Editor      : Irda

Publish   : Fandi

You may have missed