24 September 2024

Kapolda Gorontalo Bersama Unsur Forkompim Ikuti Vicon Bersama Menkopolhukam

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Senin 15 April 2019, Kapolda Gorontalo Brigadir Jenderal Polisi Drs. Rachmad Fudail, MH bersama unsur Forkopimda mengikuti Video Conference bersama yang digelar oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto yang juga diikuti oleh seluruh unsur forkopimda dan seluruh pemangku kepentingan.

Dalam arahannya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyampaikan bahwa pemilu harus berjalan aman, tertib, dan lancar. Aman kata Wiranto berarti pemilih berangkat dari rumah sampai TPS tanpa ancaman. “Melaksanakan hak pilih mereka bebas dan tetap rahasia,” ujarnya saat membuka rapat di Kantor Kementerian Polhukam di Jakarta.

Lebih lanjut Wiranto menuturkan bahwa ujung tombak pelaksanaan pemilu ada di daerah masing-masing. Untuk itu, ia meminta kepada aparat keamanan terkait untuk mengawasi dan menetralisir semua gangguan yang dapat mengusik kelancaran pemilu.

“Kalau ada indikasi pihak tertentu yang ganggu, ancam lancarnya pemilu, segera temukan, cari, dan netralisir dengan segera. Jangan sampai kita lengah,” tegas Wiranto.

Aparat harus bisa membuat dan menciptakan ruang yang aman bagi para pemilih untuk dapat berangkat dari rumah ke TPS dan melaksanakan pemilihan dengan bebas tanpa tekanan. Bila perlu, bantu penyelenggara pemilu apabila ada sesuatu yang kurang.

“Pasang mata dan telinga, netralisir setiap indikasi yang ganggu pemilu. Cari temukan dan atasi sebelum mereka lakukan kegiatan yang ganggu pemilu dan pemilih,” imbaunya lagi.

Penghitungan suara juga perlu dikawal dengan ketat dan netralitas sebagai aparat juga harus dijaga.

Penulis   : Fandi

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

You may have missed