26 September 2024

DIPERCAYA JADI NARASUMBER KEGIATAN ORIENTASI MAHASISWA BARU, DIRBINMAS : JANGAN ADA KEKERASAN

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) merupakan kegiatan bagi mahasiswa baru untuk mengenalkan lingkungan kampus, khususnya dalam bidang akademik dan kemahasiswaan. Selain itu, mahasiswa baru juga akan diberi muatan wawasan kebangsaan dan hal-hal bermanfaat lainnya. Kampus Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Kabupaten Gorontalo menggelar kegiatan tersebut hari ini Rabu (21/08/2019) dengan mengusung tema “Meneguhkan karakter dan integritas mahasiswa dalam upaya memperkokoh NKRI”.

Direktur Binmas Polda Gorontalo Kombespol Sumarno, S. Pd yang diundang menjadi narasumber membawakan materi dengan judul Implementasi Nilai-nilai Nasionalisme (Sebagai upaya menanggulanhi intoleransi terorisme dan radikalisme) kepada mahasiswa baru sejumlah 1.393 mahasiswa baru yang berasal dari 4 Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Syariah (FS), Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) khikmad menerima materi dari Dir Binmas.

Dalam pemberian materi, Dir Binmas menyampaikan kegiatan orientasi mahasiswa ini harus dalam kendali pimpinan kampus dan tak boleh diserahkan sepenuhnya kepada mahasiswa senior. Hal itu untuk menghindari kekerasan dalam masa orientasi mahasiswa baru yang selalu menjadi isu panas tiap tahun ajaran baru. Dirninmas menegaskan kegiatan PBAK harus berfokus pada pengenalan kampus baik fasilitas dan akademiknya. “Juga soal pengenalan wawasan kebangsaan, jangan sampai radikalisme masuk ke kampus, itu juga menjadi tanggung jawab pimpinan kampus,” Ujar Dirbinmas

Dirbinmas juga menyampaikan mahasiswa harus berpikir kritis dan cerdas artinya boleh mahasiswa mengkritik dan menyampaikan pendapat di muka umum namun selalu taati aturan yang berlaku serta jangan mudah terpengaruh medsos. Dirbinmas memberikan contoh kejadian yang kemarin mengusik tentang isu sara masyarakat Papua. “Diharapkan kita semua jangan sampai terpengaruh berita Hoax isu provokasi yang sifatnya memecah belah persatuan. Kita semua satu Indonesia dan Bersaudara,” Ujar Dirbinmas

Kegiatan PBAK yang merupakan agenda akademik tahunan ini dilangsungkan di auditorium kampus 2 Limboto kabupaten Gorontalo ini dimulai pukul 10.00 wita resmi dibuka Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, yang saat ini diwakili oleh Wakil Rektor (Warek) II, Dr. Ahmad Faisal, M.Ag.

Penulis    : Pid Dit Binmas

Editor       : Irda

Publish     : Fandi

You may have missed