22 September 2024

Seleksi Polri Polda Gorontalo Telah Memasuki Tahap Pemeriksaan Kesehatan Awal

gorontalo.tribratanews.com -Polda Gorontalo, Tahapan Seleksi Penerimaan Akpol, Bintara dan Tamtama Polri tahun 2021 Panitia Daerah Polda Gorontalo telah memasuki tahap pemeriksaan kesehatan (Rikkes) Awal, Senin (3/5/2021).

Sementara saat ini peserta yang mengikuti Rikkes Awal golongan 8 untuk Bintara Polri dengan jumlah 108 peserta bertempat di Aula Bhayangkari SPN Polda Gotontalo

Kabid Dokkes Polda Gorontalo Kombes Pol Dr. Wasis Murjito menjelaskan bahwa, tahapan pemeriksaan kesehatan tahap I seleksi penerimaan akpol, bintara dan tamtama Polri tahun 2021 berjalan selama 18 hari.

Dikatakan bahwa rikkes tahap I untuk tamtama Polri akan dilaksanakan di Aula Bhayangkari SPN Polda Gorontalo pada hari rabu, tanggal 5 Mei, dengan jumlah 74 peserta seleksi, sedangkan seleksi rikkes tahap I Bintara Polri sedang berlangsung. Jumlah peserta Bintara Polri (Polisi Tugas Umum) 693 orang yang telah melaksanakan rikkes 481orang.

“Sementara dari 481 peserta Ba PTU yang telah melaksanakan rikkes, yang memenuhi syarat (MS) 296 peserta, yang tidak memenuhi syarat (TMS) 185 orang. Sedangkan yang belum melaksanakan rikkes tahap I masi 212 peserta,” jelas Kabid Dokkes

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk Bintara Komsus berjumlah 94 orang, sedangkan 90 orang telah melaksanakan rikkes. Dari 90 peserta tersebut 55 orang memenuhi syarat (MS) sedangkan 35 orang tidak memenuhi syarat (TMS) semetara itu, ada 4 peserta yang belum melaksanakan rikkes tahap I.

“Untuk seleksi Polwan dalam tahap pemeriksaan kesehatan tahap I berjumlah 101 orang. Dari 101 yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) berjumlah 55 peserta, sedangkan yang tidak memenuhi syarat (TMS) 35 peserta yang belum melaksanakan rikkes 4 orang. Untuk pengumuman dan kirim hasil rikkes tahap I pada tanggal 26 April,” tutur Kombes Pol Dr. Wasis Murjito.

Pemeriksaan kesehatan (Rikkes) tahap Awal dilaksanakan langsung oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Gorontalo, sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan tim panitia Rikkes tahap Awal memberikan arahan kepada Peserta agar mempersiapkan diri baik fisik maupun mental.

Kabid Dokkes Kombes Pol Dr. Wasis Murjito juga menjelaskan bahwa, kesehatan di kepolisian merupakan hal yang penting untuk dilakukan pasalnya dalam kedinasan utamanya Polri membutuhkan fisik yang baik dan Prima agar saat mengikuti pendidikan nanti saat di nyatakan lulus bisa mengikuti kegiatan hingga akhir dengan baik.

Selain itu Pihaknya juga menambahkan bagi peserta yang tidak memenuhi syarat akan diberikan kesempatan untuk konseling ke Biddokkes Polda Gorontalo agar pendaftaran selanjutnya kekurangan yang ada saat ini dapat di antisipasi atau diperbaiki.

Kegiatan Rikkes tersebut mendapat pengawasan langsung dari Provost Polda untuk menghindari kecurangan-kecurangan serta tetap mempedomani protokol kesehatan

Penulis : Randi

Editor : Heri

Publish : Randi

You may have missed