20 September 2024

KAPOLDA GORONTALO IRJEN POL AKHMAD WIYAGUS MENDAPAT AMANAH MENJADI KAPOLDA LAMPUNG

gorontalo.tribratanews.com -Polda Gorontalo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merolling sejumlah perwira tinggi (pati) yang menempati jabatan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) di beberapa wilayah Indonesia, tidak terkecuali di lingkungan Polda Gorontalo.

Rotasi dan mutasi jabatan itu tertuang dalam lima surat telegram, yakni Nomor: ST/1213/VI/KEP./2022, Nomor: ST/1214/VI/KEP./2022, Nomor: ST/1215/VI/KEP./2022, Nomor: ST/1216/VI/KEP./2022, Nomor: ST/1217/VI/KEP./2022.

Mutasi kali ini bahkan terhadap Kapolda Gorontalo saat ini Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, SIK.,M.SI.,M.M., yang kini mengisi jabatan baru sebagai Kapolda Lampung.

Tongkat jabatan Kapolda Gorontalo selanjutnya digantikan oleh Irjen Pol Helmy Santika, SIK., M.H., M.Si., yang sebelumnya menjabat sebagai Sahlijemen Kapolri.

Selain itu, Direktur Reskrimsus Polda Gorontalo Kombes Pol Dr. Saut Panggabean Sinaga, SIK., M.Si., dimutasikan sebagai Kaprodi S3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri.

Jabatan Dir Reskrimsus tersebut digantikan oleh Kombes Pol Taufan Dirgantoro SIK., M.H., sebelumnya menjabat sebagai Agen Intelijen Kepolisian Madya TK.III Baintelkam Polri.

Adapun beberapa Kapolres di lingkungan Polda Gorontalo beralih tugas yakni, Kapolres Gorontalo Akbp Ahmad Pardomuan kini menjabat sebagai Wakil direktur Samapta Polda Gorontalo. Sementara itu, Posisi Kapolres Gorontalo digantikan Akbp Dadang Wijaya yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Boalemo.

Kemudian jabatan kosong Kapolres Boalemo akan di isi Akbp Deddy Herman yang sebelumnya menjabat sebagai Koorspripim Polda Gorontalo.

Kapolres Kota Gorontalo Akbp Suka Irawanto diangkat dalam jabatan baru sebagai Irbid Itwasda Polda Gorontalo, sedangkan Kapolres Kota diambil alih oleh pejabat baru Akbp Ardi Rahananto sebelumnya menjabat Kapolres Morowali Polda Sulteng.

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono, SIK., menjelaskan, Pergantian atau mutasi jabatan bukanlah hal yang asing di lingkungan anggota Polri. Mutasi atau pergantian jabatan merupakan hal yang lumrah di lingkungan anggota Polri, karena tidak selamanya seseorang akan menempati posisi jabatannya.

“mutasi tour of duty dan tour of area merupakan hal biasa dalam organisasi sebagai bagian dari pembinaan karier bagi pejabat dan juga penyegaran organisasi yang tentunya diharapkan terjadi peningkatan performance kinerja kepolisian, Kami keluarga besar Polda Gorontalo turut senang sekaligus bangga mengingat Irjen Pol Akhmad Wiyagus mendapat amanah kembali menjadi Kapolda di Provinsi Lampung, mari kita doakan beliau semoga tetap sehat, sukses dan amanah dalam menjalankan tihas ditempat yang baru serta senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT,” Tutur Wahyu

Diketahui Irjen Pol Akhmad Wiyagus mulai menjabat sebagai Kapolda Gorontalo pada tanggal 3 Agustus 2020 – 2 Juni 2022. Mantan Wakapolda Jabar itu mengganti pejabat sebelumnya yaitu Irjen Pol Dr. M. Adnas, M.Si, Irjen Pol Ahkmad Wiyagus menjabat sebagai Kapolda Gorontalo selama 1 tahun 10 bulan.

Penulis : randi

Editor : Jenry

Publish : Randi

You may have missed